Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang / Amalia Afriyanti

Afriyanti, Amalia (2011) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang / Amalia Afriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah, Motivasi belajar, Prestasi belajar. Fasilitas belajar di sekolah merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. oleh karena itu agar siswa dapat mencapai tujuan secara maksimal maka sekolah perlu melengkapi fasilitasnya. Fasilitas yang lengkap dapat memunculkan motivasi siswa dalam melakukan aktivitas belajar yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilan belajar siswa, sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan belejar siswa tidak hanya ditentukan fasilitas yang lengkap tetapi juga motivasi belajar yang tinggi dari siswa itu sendiri. Berdasarkan paparan tersebut maka penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Malang (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pretasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Malang(3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Malang. Rancangan Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Malang. Sampel yang dipakai merupakan keseluruhan jumlah dari populasi sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel population. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan pengolahan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar disekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar disekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38854

Actions (login required)

View Item View Item