Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2010/2011 / Yeni Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2010/2011 / Yeni Rahmawati

Rahmawati, Yeni (2011) Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2010/2011 / Yeni Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan Keluarga Sumber Belajar Prestasi Belajar Lingkungan keluarga merupakan salah satu aspek yang mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama hal ini disebabkan karena keluarga merupakan orang-orang terdekat bagi seorang anak. Selain lingkungan keluarga ketersediaan sumber belajar di rumah merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa. Dengan dukungan dari keluarga dan dengan ketersediaan sumber belajar di rumah akan memudahkan anak dalam mencapai prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Instrument dalam penelitian in berupa angket kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2010/2011 yaitu sebanyak 185 siswa. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Kemudian sampel dalam penelitian ditentukan secara proposional yaitu 11 siswa dari masing-masing kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga tergolong baik ketersediaan sumber belajar di rumah tergolong lengkap dan prestasi belajar siswa tergolong baik. Dan dari hasi analisis regresi berganda terhadap prestasi belajar siswa diketahui (1) terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa (2) terdapat pengaruh positif signifikan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah secara positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel bebas (lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah ) sebesar 58 6% sedangkan sisanya 41 4% disebabkan oleh variabel lain. Dari hasil analisis diketahui bahwa lingkungan keluarga merupakan variabel dominan yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang bisa diberikan (1) agar orang tua meningkatkan lagi perhatian dan motivasi anaknya dalam kegiatan belajar khususnya di waktu siswa di rumah (2) guru merupakan orang tua ke dua bagi siswa diharapkan guru lebih memperhatikan kesulitan belajar siswanya sehingga diharapkan dapat tercipta kondisi belajar siswa yang baik ketika siswa belajar di sekolah yang dapat mendukung prestasi belajar siswa (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas lagi misalnya menambah variabel minat dan motivasi serta penambahan metode wawancara kepada orang tua siswa sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai landasan atau bahan litaratur penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38851

Actions (login required)

View Item View Item