Mandasari, Erni (2011) Kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match, ceramah dan diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 12 Malang / Erni Mandasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Make a Match Ceramah Diskusi Hasil Belajar Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pemerintah telah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dari perubahan tersebut guru harus peka dan tanggap terhadap perubahan-perubahan pembaharuan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran sehingga lebih melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran (student centered). Penerapan metode pembelajaran yang selalu sama akan menyebabkan siswa menjadi mudah bosan yang pada akhirnya menyebabkan hasil belajar tidak optimal. Tujuan penggunaan kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi agar siswa lebih aktif dan dapat menciptakan iklim belajar yang menyenangkan serta dapat memupuk kerjasama dengan siswa lainnya daripada pembelajaran yang sebelumnya dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Malang untuk meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi (2) Apakah dengan kolaborasi penerapan motode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Malang dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 12 Malang yang berjumlah 38 siswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Metode pengumpulan data melalui tes obsevasi catatan lapangan dokumentasi wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siklus I ditunjukkan dengan nilai rata-rata pre test sebesar 59 92% sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 63 97%. Pada siklus II nilai rata-rata antara pre test dan post test mengalami peningkatan yaitu dari 72 86% meningkat menjadi 81 83%. Peningkatan hasil belajar ranah afektif dengan metode observasi mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 77 37% dan meningkat pada siklus II menjadi 85 59% sedangkan dengan metode angket jumlah siswa yang tuntas pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 17 84% yaitu dari 27 siswa (71 05%) menjadi 32 siswa (88 89%). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi memiliki beberapa tahapan yaitu (a) Memberikan pre test kepada siswa (b) menyampaikan materi (c) membagi siswa ke dalam kelompok secara heterogen (d) pelaksanaan metode pembelajaran koopertif tipe Make a Match dan diskusi (e) memberikan post test pada siswa dan (f) memberikan angket sikap siswa terhadap kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi serta dengan menggunakan kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan bagi sekolah yang ingin mengubah pembelajaran dari teacher centered menuju student centered maka disarankan untuk menggunakan kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi. Bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Ekonomi seyogyanya dapat menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif seperti kolaborasi penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ceramah dan diskusi agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam ragka meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa diharapkan dapat mengoptimalkan belajar dalam kelompok dapat meningkatkan kerjasama serta berani mengemukakan pendapat atau idenya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat lebih memvariasikan dengan metode-metode yang lain namun tetap harus menyesuaikan dengan pokok bahasan yang sesuai agar siswa lebih termotivasi untuk memperoleh ketuntasan hasil belajar sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38849 |
Actions (login required)
View Item |