Penerapan pembelajaran kontekstual metode student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Lainun Sabdianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual metode student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Lainun Sabdianawati

Sabdianawati, Lainun (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual metode student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Lainun Sabdianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Partisipasi Hasil Belajar Kualitas suatu pembelajaran ditentukan oleh kualitas proses dan hasil belajar. Berdasarkan pengamatan pada saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Tumpang menyebutkan bahwa kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi masih rendah. Nilai rata-rata kelas pada ulangan harian pada semester I tahun pelajaran 2010/2011 masih di bawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yaitu 75 atau dengan kata lain siswa belum memahami materi pelajaran Ekonomi dengan baik. Rendahnya hasil belajar siswa merupakan akibat dari masih rendahnya kualitas dari proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Guru aktif memberikan penjelasan atau informasi terperinci tentang bahan pengajaran. Dan berdasarkan keluhan guru mata pelajaran Ekonomi menjelaskan bahwa siswa memiliki minat belajar yang rendah. Namun dilihat dari sudut pandang siswa sebagai pengkonstruk atau pembangun pengetahuan tindakan yang dilakukan guru tersebut justru menjadikan siswa merasa jenuh karena proses belajar hanya didominasi oleh guru. Sehingga materi atau pengetahuan yang telah disampaikan oleh guru kurang dipahami atau dikuasai siswa. Siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran karena siswa tidak memahami materi sehingga siswa tidak tahu apa yang harus ditanyakan. Selain itu siswa juga kurang mendapatkan motivasi. Masalah yang diteliti terdiri dari apakah penerapan pembelajaran kontekstual metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Tumpang serta bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kontekstual metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau yang biasa disebut dengan PTK. Pendekatan penelitian yang digunakan di dalam PTK merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan di mulai pada tanggal 29 Oktober sampai 12 November 2010. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X.3 semester gasal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 37 siswa. Dari data hasil belajar siswa pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ranah kognitif yaitu peningkatan nilai rata-rata i kelas dari 77 30 menjadi 82 30. Peningkatan sebesar 5 satuan dengan persentase sebesar 6 47%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 1 91 satuan dengan persentase sebesar 5 16%. Rata-rata partisipasi siswa pada siklus I dan siklus II meningkat sebesar 9 22 satuan dengan persentase 14 82%. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual metode STAD menyebutkan materi yang dipelajari bermakna dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 24% setuju sebesar 68% kurang setuju sebesar 7 4% dan tidak setuju 0 7%. Siswa aktif dalam pembelajaran dengan siswa yang menjawab selalu aktif sebesar 30% sering sebesar 62% kadang-kadang sebesar 8 3% dan tidak aktif sebesar 0 2%. Respon siswa terhadap kemampuan guru mengajar menyebutkan bahwa sudah baik dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 37% setuju 53% kurang setuju 9 2% dan tidak setuju 0 8%. Sedangkan situasi pembelajaran mendukung kegiatan pembelajaran dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 24% setuju sebesar 54% kurang setuju 16% dan yang tidak setuju sebesar 4 4%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual metode STAD dapat meningkatkan pertisipasi siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif dan afektif. Sedangkan kesimpulan dari respon siswa menunjukkan adanya respon positif terhadap kegiatan pembelajaran kontekstual metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Saran bagi penelitian ini guru diharapkan selalu mengikuti informasi informasi terbaru mengenai keadaan ekonomi dalam dunia nyata memberikan penjelasan atau menegaskan pentingnya partisipasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan motivasi seperti pemberian penghargaan secara individu maupun kelompok Dalam menerapkan metode pembelajaran kontekstual metode STAD guru perlu mengatur waktu belajar kelompok untuk siswa mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien. Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran tersebut dengan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda. Selain itu menambah jumlah siklus penelitian tindakan kelas sehingga ditemukan hasil penelitian yang berbeda. Dan diharapkan peneliti berikutnya untuk meneliti tingkat efektifitas penerapan pembelajaran CTL metode STAD agar penelitian lebih bermanfaat lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38848

Actions (login required)

View Item View Item