Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Malang / Vella Chari Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Malang / Vella Chari Purwanto

Purwanto, Vella Chari (2011) Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Malang / Vella Chari Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Fasilitas Belajar Motivasi Berprestasi Hasil Belajar Ekonomi Belajar adalah sebuah perubahan tingkah laku perubahan yang terjadi diakibatkan oleh latihan atau pengalaman dan perubahan ini bersifat mantap akhir dari suatu proses periode yang cukup panjang. Tingkah laku perubahan yang dialami harus menyangkut berbagai aspek kepribadian. Keberhasilan belajar yang dilakukan siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal maupun faktor eksternal. Fasilitas belajar sebagai salah satu faktor eksternal memengaruhi keberhasilan belajar siswa. Fasilitas belajar yang lengkap dan memadai serta dimanfaatkan dengan benar akan meningkatkan hasil belajar siswa. Namun bila tidak dimanfaatkan justru akan menurunkan hasil belajar siswa. Motivasi berprestasi merupakan motif atau daya penggerak individu untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Motivasi berprestasi adalah salah satu faktor internal yang memengaruhi hasil belajar siswa. Apabila motivasi berprestasi siswa tinggi maka hasil belajarnya akan meningkat. Berbeda jika motivasi berprestasi rendah maka hasil belajarnya akan rendah pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan tinggi rendahnya motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar ekonomi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Malang dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas XI IPS yang berjumlah 93 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa pemanfaatan fasilitas belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang cukup tinggi 61 siswa memanfaatkan fasilitas secara optimal dan hanya 17 siswa yang kurang optimal dalam memanfaatkan fasilitas belajar baik di rumah di sekolah maupun di lingkungan. Motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang cukup tinggi 66 siswa memiliki motivasi berprestasi tinggi dan hanya 11 siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang cukup tinggi 54 siswa memiliki hasil belajar yang tinggi dan hanya 12 siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik data yang diperoleh dari penelitian ini bebas dari multikolinieritas bebas dari autokorelasi bebas dari heterokedastisitas dan distribusi datanya normal. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang dengan signifikansi t 0 000 pada tingkat signifikansi 0 05. Motivasi berprestasi berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang dengan signifikansi t 0 000 pada tingkat signifikansi 0 05. Secara simultan pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang dengan signifikansi F 0 000 pada tingkat signifikansi 0 05. Di lapangan peneliti menemukan bahwa ketiga ruang kelas yang digunakan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang berbeda fasilitasnya kelas XI IPS 1 menempati ruang kelas dengan fasilitas yang sangat lengkap dan nyaman. Sementara berbeda halnya dengan kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang kelasnya sedang mengalami perbaikan sehingga harus menempati kelas sementara yang kurang begitu lengkap dan nyaman fasilitasnya. Minoritas siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang memiliki hasil belajar yang maksimal. Fakta ini mendukung bahwa pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang. Saran yang diajukan adalah (1) bagi Sekolah Fasilitas sekolah yang diberikan hendaknya di optimalkan sehingga mendukung hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran ekonomi perbaikan ruang kelas yang sedang dilakukan hendaknya segera diseleseikan agar tidak memengaruhi kegiatan belajar siswa yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Sekolah juga perlu mensosialisasikan pentingnya pemanfaatan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah agar siswa memanfaatkannya secara optimal untuk hasil belajar yang optimal. (2) Bagi Siswa Siswa hendaknya memanfaatkan fasilitas belajar di sekolah fasilitas belajar di rumah serta di lingkungan secara optimal untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Di samping itu siswa harus meningkatkan motivasi berprestasi agar mencapai prestasi yang optimal. (3) Bagi Peneliti Lain peneliti berikutnya diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi dengan menambah kajian variabel lain yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa dan belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38847

Actions (login required)

View Item View Item