Pratiwi, Ambar (2011) Pengaruh tingkat status sosial ekonomi orang tua dan modernitas individu terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 2 Malang / Ambar Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Tingkat Status Sosial Ekonomi Orang Tua Modernitas Individu Prestasi Belajar Ekonomi. Prestasi belajar siswa merupaka tolok ukur keberhasilan siswa selama proses belajar yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya faktor eksternal dan faktor internal. faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti modernitas. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar adalah faktor keluarga seperti tingkat status sosial ekonomi keluarga. Dengan adanya tingkat status sosial ekonomi orang tua yang mendukung pendidikan siswa dan juga adanya modernitas yang tinggi dalam diri siswa untuk menunjang proses belajar maka diharapkan akan terjadi peningkatan prestasi akademik siswa. Tingkat status sosial ekonomi orang tua adalah keadaan sosial orang tua yang dapat dilihat dari tingkat pendidikan pekerjaan serta partisipasi orang tua terhadap belajar anak dan keadaan ekonomi orang tua yang dapat dilihat dari tingkat pendapatan jumlah tanggungan orang tua dan partisipasi orang tua di masyarakat. Modernitas individu adalah rangkaian sikap nilai dan perilaku yang menjadi ciri-ciri kepribadian yang ditunjukkan oleh seorang siswa yang modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat status sosial ekonomi orang tua dan modernitas individu siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS Kelas XI D1 dan Kelas XI D2 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 75 siswa jadi penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa tingkat status sosial ekonomi orang tua di SMA Negeri 2 Malang kelas XI IPS berada pada tingkat cukup dengan prosentase 62 8% dengan 44 frekuensi dan mean (rata-rata) 41 7. Modernitas individu siswa di SMA Negeri 2 Malang kelas XI IPS berada pada tingkat tinggi dengan prosentase sebesar 64 3% dengan 45 frekuensi dan mean(rata-rata) 55 7. Sedangkan prestasi belajar ekonomi di SMA Negeri 2 Malang kelas XI IPS berada pada tingkat cukup sebesar 40% dengan frekuensi 28 dan mean (rata-rata) adalah nilai 81 1. Persamaan regresi dari hasil analisis data adalah Y 60 397 0 225X1 0 204X2. Adanya peningkatan tingkat status sosial ekonomi orang tua (X1) sebesar satu-satuan maka prestasi belajar ekonomi (Y) akan meningkat sebesar 0 225 dan meningkatnya modernitas individu (X2) sebesar satu-satuan prestasi belajar ekonomi (Y) akan meningkat sebesar 0 204. R Square sebesar 68 8% menunjukkan perubahan variabel prestasi belajar ekonomi (Y) disebabkan oleh perubahan variabel status sosial ekonomi (X1) dan modernitas individu (X2) sisanya sebesar 31 2% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dideskripsikan di dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh tingkat status sosial ekonomi orang tua dan modernitas individu terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 2 Malang baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diajukan adalah (1) Bagi pihak sekolah diharapkan mampu membangun kerjasama dengan para orang tua siswa untuk membina hubungan yang baik. (2) bagi guru pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tapi harus bisa memanfaatkan sumber-sumber belajar dari teknologi informasi yang bisa membantu pengetahuan ilmu ekonomi siswa juga berkembang. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan variabel penelitian lebih diperluas lagi ataupun bisa mengkaitkannya dengan variabel lain sehingga data yang diperoleh bisa lebih relevan lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38846 |
Actions (login required)
View Item |