Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putra Hilmy Prayitno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putra Hilmy Prayitno

Prayitno, Putra Hilmy (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putra Hilmy Prayitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran role playing aktivitas belajar siswa hasil belajar Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2010 dengan guru Ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru dan siswa masih pasif. Selain itu kondisi kelas yang sesak karena diisi oleh hampir 50 siswa menyebabkan banyak siswa yang ramai sendiri bergurau dan kurang memperhatikan penjelasan guru di dalam kelas. Sebagian siswa kelas XI IPS-1 juga masih beranggapan bahwa mata pelajaran Ekonomi merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan karena terlalu banyak teori dan pengertian-pengertian yang dihafalkan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 45 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan untuk hasil belajar peneliti melihat peningkatan hasil nilai tes siklus I dan siklus II. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran kooperatif tipe Role Playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam mata pelajaran ekonomi dan 2) mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam mata pelajaran ekonomi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Role Playing Pada penelitian ini aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yang hanya mencapai 46 67% menjadi 73 33% pada siklus II sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I mencapai 73 3% menjadi 77 8 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38845

Actions (login required)

View Item View Item