Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi fighting question untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Rambipuji Jember / Robby Arie Koeswinarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi fighting question untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Rambipuji Jember / Robby Arie Koeswinarno

Koeswinarno, Robby Arie (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi fighting question untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Rambipuji Jember / Robby Arie Koeswinarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Fighting Question (FQ) Hasil Belajar. Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Fighting Question yang memberikan penekanan pada struktur tertentu untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif dalam struktur kelas tradisional yang terdiri dari 4 langkah (1) Penyajian materi (2) Siswa bekerja dalam kelompok (3) Siswa beradu pertanyaan (4) Tiap Kelompok mendapatkan penghargaan. Hasil belajar adalah kemampuan belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran atau hasil yang telah diperoleh siswa dari pengalaman-pengalaman dan latihan-latihan yang diikutinya selama pembelajaran berupa kognitif afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas XI-1 SMA Negeri 1 Rambipuji Jember bahwa siswa kurang antusias dalam menjawab pertanyaan yang diajukan guru Siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat Siswa kurang berani dalam mengemukakan bertanya hasil belajar yang masih kurang dari 75 sesuai dengan criteria ketuntasan minimum. Untuk mengatasi hal-hal tersebut diperlukan suatu strategi pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi Fighting Question (FQ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Menerapkan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi Fighting Question (FQ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rambipuji Jember. (2) Dampak menerapkan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi Fighting Question (FQ) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar (kognitif) dan aktivitas belajar (afektif) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-1 SMA Negeri 1 Rambipuji Koeswinarno. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pene-litian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas XI-1 SMA Negeri 1 Rambipuji Jember. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa lembar observasi guru soal tes perangkat pembelajaran pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi Fighting Question (FQ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar (afektif) siswa dalam pembelajaran FQ meliputi 4 aspek yaitu aspek diskusi kelompok keterampilan bertanya keterampilan menjawab dan keterampilan menyimpulkan. Pada siklus I rata-rata keseluruhan sebesar 63 51% meningkat menjadi 75 % pada siklus II. Sehingga secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 11 49 % dalam taraf keberhasilan baik. Hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan nilai post tes. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar mencapai 25 siswa (67 57%) dengan nilai rata-rata kelas 72 03 dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 34 siswa (91 89%) dengan nilai rata-rata kelas 79 32. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan strategi Fighting Question (FQ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38843

Actions (login required)

View Item View Item