Handayani, Vina Ade (2011) Pengaruh modernitas individu dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran terhadap economic literacy siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen / Vina Ade Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengaruh Modernitas Individu Persepsi Siswa Atas Kualitas Proses Pembelajaran Economic Literacy. Economic literacy memiliki peranan penting dalam kehidupan berekonomi. Siswa kelas XII SMA jurusan IPS sudah seharusnya memiliki economic literacy yang baik. Economic literacy siswa sebagai hasil belajar tentunya dipengaruhi oleh proses pembelajaran ekonomi yang dialami siswa di sekolah. Di sisi lain Ilmu ekonomi bukanlah merupakan suatu ilmu pasti melainkan ilmu yang selalu berkembang sesuai dengan zaman sehingga untuk memahaminya diperlukan sikap yang bersifat dinamis dimana sikap tersebut dimiliki oleh individu modern. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengaruh modernitas individu terhadap economic literacy siswa (2) untuk mendeskripsikan pengaruh persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran terhadap economic literacy siswa (3) untuk mendeskripsikan pengaruh modernitas individu dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran terhadap economic literacy siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasional fungsional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengukur modernitas individu dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran dan tes untuk mengukur economic literacy siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa. Taraf signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modernitas individu siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen adalah tinggi sedangkan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran dan economic literacy siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen adalah sangat baik. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan Y 3 669 0 32 0 8 berarti apabila ada peningkatan modernitas individu sebesar satu satuan dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran tetap maka economic literacy (Y) siswa akan meningkat sebesar 0 32. Apabila persespsi siswa atas kualitas proses pembelajaran meningkat satu satuan dan modernitas individu tetap maka economic literacy (Y) siswa akan meningkat sebesar 0 8. Sedangkan konstanta sebesar 3 669 artinya jika modernitas individu dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran nilainya 0 maka economic literacy (Y) siswa nilainya adalah 3 669. Sedangkan R-Square sebesar 0 558 menunjukkan bahwa perubahan variabel economic literacy (Y) berkorelasi dengan variasi perubahan variabel modernitas individu ( ) dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran ( sebesar 55 8% sisanya sebesar 44 2% perubahan variabel economic literacy (Y) berkorelasi dengan variasi perubahan variabel lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini. Dari hasil uji t diketahui bahwa dan mempunyai nilai signifikansi t 0 05 dengan demikian modernitas individu ( ) dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran ( secara parsial berpengaruh signifikan terhadap economic literacy (Y). Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi F 0 05 berarti modernitas individu ( ) dan persepsi siswa atas kualitas proses pembelajaran ( secara simultan berpengaruh signifikan terhadap economic literacy (Y). Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan (1) terdapat pengaruh signifikan positif modernitas individu terhadap economic literacy siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen (2) terdapat pengaruh signifikan positif persepsi siswa atas kualitas pembelajaran terhadap economic literacy siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen (3) terdapat pengaruh signifikan positif secara simultan modernitas individu dan persepsi siswa atas kualitas pembelajaran terhadap economic literacy siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kepanjen. Saran yang dapat dikemukakan adalah (1) bagi guru hendaknya dapat meningkatkan proses pembelajaran ekonomi agar menjadi lebih baik lagi dan sekaligus membantu siswa untuk meningkatkan modernitas individu yang dimiliki misalnya melalui penugasan kepada siswa untuk mencari berita ekonomi terbaru dari internet. Kemudian siswa diminta untuk menganalisis serta memberi tanggapan atas isi berita tersebut dengan demikian diharapkan economic literacy siswa akan meningkat (2) bagi peneliti lain yang ingin meneliti tentang economic literacy diharapkan mau menggali dan meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi economic literacy baik faktor internal maupun faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |