Pemberdayaan Sarana Pada Unit Pusat Bisnis di Universitas Negeri Malang / Dwi Andika Samudra Sakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan Sarana Pada Unit Pusat Bisnis di Universitas Negeri Malang / Dwi Andika Samudra Sakti

Sakti, Dwi Andika Samudra (2018) Pemberdayaan Sarana Pada Unit Pusat Bisnis di Universitas Negeri Malang / Dwi Andika Samudra Sakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sakti Dwi Andika Samudra. 2015. Pemberdayaan Sarana Pada Unit Pusat Bisnis di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata kunci pemberdayaan sarana unit pusat bisnis. Pemberdayaan merupakan proses meningkatkan kemampuan dan hasil dari sarana yang dimiliki lembaga. Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat atau media dalam mencapai maksud atau tujuan tertentu. Saat ini Universitas Negeri Malang (UM) telah resmi menyandang status Badan Layanan Umum (BLU). Status tersebut berdampak pada pengembangan UM secara lebih luas dan independen. Tujuannya untuk mengoptimalkan potensi bisnis yang ada guna menyokong kemandirian kampus yang sudah menyandang status BLU. BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasari prinsip efisiensi dan produktifitas. UM menunjuk satuan kerja yang dinamakan sebagai Unit Pusat Bisnis yang khusus mengelola gedung-gedung dan fasilitas-fasilitas olahraga yang menunjang aktivitas akademik. Sarana yang dikelola oleh Unit Pusat Bisnis adalah Graha Cakrawala Sasana Krida Sasana Budaya Stadion Cakrawala Kolam Renang Lapangan Tenis Lapangan Basket Lapangan Voli PABTI PKBI Suzuki Plaza Akademik dan UM press. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan jenis sarana yang diberdayakan oleh Unit Pusat Bisnis serta strategi pemberdayaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus tunggal. Kehadiran peneliti merupakan hal terpenting dalam penelitian ini karena peneliti merupakan instrumen kunci. Subjek penelitian yaitu Unit Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang dengan narasumber Ketua Pengelola UPB Kepala Divisi Properti UPB dan Kepala Sub Divisi Pengelolaan Sarana dan Prasarana UPB. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan analisis data pengecekan keabsahan temuan yang didasarkan pada kriteria kepercayaan (credibility) keteralihan (transferability) kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan (1) jenis-jenis dan fungsi sarana yang diberdayakan Unit Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang adalah untuk menunjang semua kegiatan akademik maupun non akademik kegiatan akademik termasuk sebagai sarana pembelajaran dengan menyesuaikan kegunaan sarana (1) Gedung Graha Cakrawala Gedung ini difungsikan antara lain kegiatan rutin wisuda UM 3 kali dalam 1 tahun acara resepsi pernikahan pertemuan seminar dan lokakarya dalam skala besar pameran indoor sport dan pertunjukan senibudaya pada tahun 2014 telah digunakan sebanyak 97 kali dengan rincian sebagai berikut kegiatan akademik sebanyak 23 kali atau 27% dan kegiatan non akademik sebanyak 74 kali atau 73% (2) Gedung Sasana Krida gedung ini lebih sering difungsikan untuk pertemuan yang bersifat akademis atau kedinasan seperti seminar lokakarya wisuda atau pertemuan yang bersifat intern dan umum pada tahun 2014 telah digunakan sebanyak 133 kali dengan rincian sebagai berikut kegiatan akademik sebanyak 7 kali atau 5 2% dan kegiatan non akademik sebanyak 126 kali atau 94 7% (3) Gedung Sasana Budaya gedung ini lebih sering dipakai atau difungsikan untuk kegiatan mahasiswa seperti seminar atau pertunjukan antar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada tahun 2014 telah digunakan sebanyak 139 kali dengan rincian sebagai berikut kegiatan akademik 29 kali atau 20.8% dan kegiatan non akademik 110 kali atau 79 1% (4) Stadion Cakrawala fungsi stadion ini lebih sering dipakai untuk kegiatan perkuliahan yang menuntut mahasiswa Fakultas Ilmu ii Keolahragaan praktik langsung di lapangan (5) Lapangan Tenis Cakrawala selain digunakan untuk kegiatan akademik fasilitas ini juga berfungsi menjadi tempat untuk kegiatan non akademik (6) Lapangan Bola Basket fungsi dari lapangan basket ini adalah untuk sarana akademik baik untuk kegiatan praktek pertandingan mapun latihan (7) Lapangan Bola Voli selain digunakan untuk kegiatan akademik juga digunakan untuk kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) (8) Kolam Renang Cakrawala selama ini kolam renang digunakan oleh mahasiswa FIK untuk praktek (9) Plaza Akademik berfungsi seperti swalayan khusus untuk menjual produk-produk atau merchandise karya mahasiswa dosen maupun dari karyawan Universitas Negeri Malang (10) Penerbit (UM press) UM Press berusaha menyebarkan ilmu pengetahuan dalam bentuk penerbitan buku dengan penulis yang berkompeten baik dari UM maupun dari luar UM (11) Program Keahlian Bisnis dan Industri berorientasi pada penyiapan tenaga kerja profesional yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi (12) PABTI dibentuk untuk menampung besarnya minat masyarakat dalam mengikuti program pendidikan non gelar yang membutuhkan waktu relatif singkat (13) Suzuki menyediakan fasilitas pembelajaran baik fasilitas praktek maupun fasilitas pembelajaran teori. (2) tujuan yang harus tercapai ketika memberdayakan sarana pada Unit Pusat Bisnis adalah menghasilkan income atau pemasukan yang banyak untuk Universitas dan memberikan layanan yang sebaik-baiknya untuk mahasiswa (3) faktor penghambat yang ditemui pengelola Unit Pusat Bisnis menjadi evaluasi pada setiap kegiatan yang dilakukan (4) faktor pendukung dimanfaatkan sebaik-baiknya dan ditingkatkan lagi sebagai modal utama tercapainya tujuan pemberdayaan sarara yang ada di Universitas Negeri Malang. Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala Divisi Properti Unit Pusat Bisnis yaitu profesionalitas dan loyalitas dalam bekerja serta asisten manager yang berpengalaman di bidangnya. (2) Pengurus dan Karyawan Unit Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang memaksimalkan general income kepada Universitas untuk kembali lagi pada terhadap pelayanan kepada mahasiswa dan warga Universitas. (3) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menjadi tambahan referensi untuk mendukung pengembangan ilmu manajemen pendidikan khususnya dapat mendukung bidang yang terkait dengan topik penelitian ini yaitu pemberdayaan sarana. (4) untuk peneliti lain seyogyanya penelitian ini dapat menjadi referensi untuk melakukan penelitian dengan cara mengembangkannya berdasarkan aspek dan latar belakang yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item