Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) dengan media kartu kerja pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang / Alfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) dengan media kartu kerja pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang / Alfiyah

Alfiyah (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) dengan media kartu kerja pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang / Alfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif Model STAD Media Kartu Kerja Hasil Belajar Pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) dengan media kartu kerja dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa supaya hasil belajar siswa tersebut meningkat ketaraf prestasi yang lebih baik dari sebelumnya dan memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Disamping itu juga sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa supaya siswa tidak pasif peran siswa lebih dominan dibanding guru terjadi pengembangan interaksi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru dan menumbuhkan kemampuan kerjasama yang baik serta tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja pada mata pelajaran Ekonomi bagi siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang menghitung dan mengolah hasil belajar siswa dari aspek afektif dan kognitif serta mengetahui respon siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang terhadap pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan tes dan angket respon siswa. Instrumen penelitian yakni 1) kisi-kisi penyusunan soal beserta soal yang diuji terlebih dahulu di non-subjek penelitian yaitu siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Malang. Instrumen soal diuji menggunakan uji tingkat kesukaran soal daya pembeda soal uji validitas butir soal dan uji reliabilitas soal. Hasil uji instrumen soal diberikan ke subjek penelitian yaitu siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang dengan jumlah 34 siswa untuk soal pre-test dan post-test siklus I dan II 2) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) siklus I dan II 3) lembar observasi 4) angket 5) dokumentasi. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu pada bulan Agustus-Oktober 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang. Dapat dilihat dari data penilaian aspek afektif pada siklus I jumlah nilai rata-rata sebesar 60.7 dan pada siklus II jumlah nilai rata-rata naik sebesar 90.5 ada peningkatan 29.8 poin. Dari data penilaian aspek kognitif pada siklus I jumlah nilai rata-rata pre-test sebesar 63.65 siswa yang sudah memenuhi KKM 20.6%. Pada saat post-test jumlah nilai rata-rata naik menjadi 79.84 siswa yang memenuhi KKM 64.7%. Pada siklus I dari pre-test ke post-test ada kenaikan jumlah nilai rata-rata 16.19 poin dan siswa yang memenuhi KKM meningkat sebesar 44.1 %. Pada siklus II jumlah nilai rata-rata pre-test sebesar 66.67 siswa yang memenuhi KKM 11.8%. Pada saat post-test jumlah nilai rata-rata naik 82.16 siswa yang memenuhi KKM 82.4%. Pada siklus II dari pre-test ke post-test ada kenaikan jumlah nilai rata-rata 15.49 poin dan siswa yang memenuhi KKM meningkat 70.6%. Adapun secara klasikal siswa dapat dikatakan mengalami ketuntasan belajar apabila sebesar 75% siswa mendapat nilai KKM 8805 75. Pada siklus II secara klasikal siswa sudah mengalami ketuntasan belajar karena jumlah siswa yang mendapatkan nilai KKM 8805 75 melebihi batas yang ditentukan yaitu sebesar 82.4%. Dari hasil angket respon siswa diketahui dengan jumlah persentase tertinggi 88.2% pada umumnya siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang lebih senang belajar kelompok menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja pada mata pelajaran Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi Sekolah Menengah pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan di sekolah dalam upaya pembinaan terhadap guru dan siswa dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Bagi guru mata pelajaran Ekonomi dapat memilih dan mengembangkan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja sebagai salah satu alternatif pilihan yang sesuai dengan materi tentang perilaku konsumen dan produsen. Bagi peneliti selanjutnya dalam kegiatan belajar mengajar dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif model STAD dengan media kartu kerja secara tepat dan bervariasi serta sesuai materi supaya siswa lebih tertarik merespon dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38839

Actions (login required)

View Item View Item