Pengembangan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) dengan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Islam 1 Batu / Bambang Kuswiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) dengan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Islam 1 Batu / Bambang Kuswiyanto

Kuswiyanto, Bambang (2010) Pengembangan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) dengan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Islam 1 Batu / Bambang Kuswiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model TGT Media Ular Tangga Motivasi belajar Hasil belajar IPS. KTSP menghendaki pembelajaran diarahkan pada kegiatan yang mendorong siswa aktif baik fisik mental-intelektual maupun sosial untuk memahami konsep. Hal ini berarti guru dituntut untuk menggunakan strategi pembelajaran yang mengaktifkan interaksi siswa dengan guru siswa dengan siswa serta siswa dengan lingkunganya. Dengan demikian arah pembelajaran harus mengacu atau terpusat pada siswa yang mempunyai warna bahwa siswa diarahkan untuk terampil dalam menemukan sendiri tentang konsep-konsep materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada awal penelitian di SMP Islam 1 Batu selama ini guru mata pelajaran IPS telah melakukan beberapa variasi model pembelajaran dalam proses belajar seperti Tanya jawab penugasan dan pemberian kuis-kuis tetapi variasi model pembelajaran seperti itu menurut siswa kurang menarik sehingga membuat siswa cepat bosan. Dampak dari keboasanan siswa itu tercarmin dari motivasi siswa yang kuran dan keaktifannya dalam proses pembelajaran juga masih kurang sehingga berakibat pada penurunan hasil belajarnya. Serta masih belum adanya penekanan dalam kerja kelompok oleh guru menyebabkan interaksi antara siswa dengan siswa masih belum tampak dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan pengembangan pembelajaran koopertatif model Team Games Tournament (TGT) dengan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata palajaran IPS di SMP Islam 1 Batu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 14 April 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP wawancara lembar observasi motivasi lembar observasi keteptan guru soal pre tes soal tes angket respons siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan lembar observasi motivasi siswa sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data untuk hasil tes menggunakan post tes yang dilaksanakan pada akhir pembelajaraan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan angket yang diberikan pada akhir pembelajaran siklus II dan dokumentasi selama proses belajar dikelas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang menghitung persentase keberhasilan tindakan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan data pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran kooperatif model TGT dengan media ular tangga secara umum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada nata pelajaran IPS siswa kelas VIII-F SMP Islam 1 Batu. Dari paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa motivasi belajar klasikal keseluruhan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 20 % dari 80% pada siklus I dan naik menjadi 100% pada siklus II. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari tes yang diadakan setiap siklus. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18 42 % dari 60 53% dan naik menjadi 78 95% pada siklus II. Rata-rata respon siswa terhadap pengembangan pembelajaran kooperatif model TGT dengan media ular tangga sebesar 87 32% dengan tingkat keberhasilan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran kooperatif model TGT dengan media ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dan pembelajaran ini dapat diterima oleh siswa dengan baik terbukti rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran ini sebesar 87 32%. Saran dari peneliti adalah Penggunaan model pembelajaran bagi siswa yang bervariasi sangat ditekankan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Guru mata pelajaran IPS dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT dengan media ular tangga yang terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Guru hendaknya juga mengukur seluruh hasil belajar siswa yang meliputi tiga ranah yaitu kognitif afektif dan psikomotorik Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan pembelajaran kooperatif model TGT dengan media ular tangga dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38831

Actions (login required)

View Item View Item