Pengaruh persepsi siswa mengenai koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah (studi kasus kelas X MAN Malang 1) / Ainun Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa mengenai koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah (studi kasus kelas X MAN Malang 1) / Ainun Rosidah

Rosidah, Ainun (2010) Pengaruh persepsi siswa mengenai koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah (studi kasus kelas X MAN Malang 1) / Ainun Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci persepsi siswa partisipasi siswa Keberadaan koperasi sekolah saat ini tidak hanya sebagai wahana untuk memenuhi kebutuhan para siswa dalam hal ini kebutuhan untuk membeli barangbarang kebutuhan sekolah atau makanan ringan pada saat jam istirahat berlangsung tetapi keberadaan koperasi sekolah agar mampu menjadi wahana untuk pembelajaran praktek berkoperasi bagi para siswa. Dengan adanya koperasi sekolah tersebut maka diharapkan para siswa dapat berperan aktif dan ikut berpartisipasi dalam perjalanan koperasi sekolah baik partisipasi dalam bidang usaha maupun partisipasi dalam bidang organisasi. Siswa merupakan generasi penerus yang memegang peranan penting dalam perjalanan koperasi khususnya koperasi sekolah maka dari itu perlu ditanamkan sejak dini mengenai kesadaran siswa untuk ikut berpartisipasi di koperasi. Kesadaran siswa berkoperasi akan dapat tumbuh dan berkembang sebagai akibat dari adanya persepsi siswa itu sendiri mengenai koperasi sekolah persepsi siswa tentang koperasi sekolah diduga merupakan salah satu faktor penting dalam perjalanan koperasi sekolah selain itu siswa merupakan konsumen pertama dan utama bagi koperasi sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah. Persepsi siswa mengenai koperasi sekolah meliputi persepsi siswa mengenai pengertian dan karakteristik koperasi sekolah persepsi siswa mengenai maksud dan tujuan koperasi sekolah persepsi siswa mengenai keanggotaan koperasi sekolah persepsi siswa mengenai ketatalaksanaan koperasi sekolah persepsi siswa mengenai kegiatan usaha koperasi sekolah dan partisipasi siswa di koperasi sekolah meliputi partisipasi dalam bidang usaha dan partisipasi di bidang organisasi. Penelitan ini dilakukan di MAN Malang 1 pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2010. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang ada di MAN Malang 1 sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25% dari keseluruhan jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 247 siswa teknik yang digunakan yaitu propotional random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat partisipasi siswa MAN Malang 1 dapat dikatakan baik hal ini terbukti dari penyebaran kuesioner atau angket yakni sebanyak 45 siswa (71 4%) memiliki persepsi yang baik mengenai pengertian dan karakteristik koperasi sekolah sebanyak 44 siswa (69 8%) memiliki persepsi yang baik mengenai maksud dan tujuan koperasi sekolah sebanyak 45 siswa (71 4%) memiliki persepsi yang baik mengenai keanggotaan koperasi sekolah sebanyak 46 siswa (73%) memiliki persepsi yang baik mengenai ketatalaksanaan koperasi sekolah dan sebanyak 52 siswa (82 5%) memiliki persepsi yang baik mengenai kegiatan usaha koperasi sekolah. Sedangkan untuk partisipasi siswa di koperasi sekolah dikatakan kurang aktif yakni sebanyak 37 siswa (58 7%) kurang aktif berpartisipasi di koperasi sekolah. Secara parsial persepsi siswa mengenai pengertian dan karakterstik koperasi sekolah persepsi siswa mengenai maksud dan tujuan koperasi sekolah dan persepsi siswa mengenai kegiatan usaha koperasi sekolah tidak memiliki pengaruh yang positif dengan partisipasi siswa di koperasi sekolah meskipun rata-rata persepsi siswa mengenai ketiga aspek tersebut adalah baik.sedangkan aspek persepsi siswa mengenai keanggotaan koperasi sekolah dan persepsi siswa mengenai ketatalaksanaan koperasi sekolah memiliki pengaruh yang positif terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif antara persepsi siswa mengenai koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa di koperasi sekolah terbukti dari hasil analisis menunjukan besaran probabilitas sebesar (Sig) 0 001 0 05. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak sekolah dapat melakukan beberapa hal diantaranya yaitu dalam rangka meningkatkan persepsi siswa mengenai koperasi sekolah hendaknya dilakukan dilklat mengenai koperasi sekolah tidak hanya bagi para siswa yang ingin menjadi pengurus saja tetapi kepada seluruh siswa yang ada di MAN Malang 1 melalui diklat diharapkan siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan mengenai seluk beluk koperasi sekolah secara teori tetapi juga memperoleh pengalaman untuk melakukan praktik dalam kepengurusan koperasi sekolah selain itu perbaikan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan kegiatan koperasi sekolah perlu diperbaiki dan ditambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38830

Actions (login required)

View Item View Item