Mahardhika, Epos (2010) Pengaruh minat pada profesi guru ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Epos Mahardhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Minat Pada Profesi Guru Ekonomi Motivasi Belajar Prestasi Belajar Prestasi Belajar yang maksimal merupakan jalan yang dapat memudahkan proses kelanjutan studi dan dalam mencapai cita-cita. Sama halnya dengan usaha untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal usaha untuk mengatasi belajarpun tidak mudah dilakukan karena proses belajar merupakan suatu belajar yang komplek dan dipengaruhi bayak faktor. Antara lain faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas negeri Malang baik faktor internal maupun faktor eksternal atau dari luar diri mahasiswa dalam penelitian ini adalah Minat pada Profesi Guru Ekonomi dan Motivasi Belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) adakah pengaruh minat pada profesi guru ekonomi terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi ekonomi FE UM 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi ekonomi FE UM 3) adakah pengaruh minat pada profesi guru ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi ekonomi FE UM. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2008 dan 2009 dengan jumlah 225 mahasiswa dengan mengambil sampel sejumlah 58 mahasiswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan angket dan metode dokumentasi yaitu dalam pengambilan nilai Indek Prestasi Komulatif (IPK). Hasil penelitian ini dari uji F menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0 242 memiliki arti bahwa Variabel X1 dan X2 bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 24 2%. Sedangkan sisanya 75 8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini dan pada uji t menunjukkan bahwa X1 mempunyai pengaruh secara parsial sebesar 12 9% terhadap prestasi belajar dan X2 mempunyai pengaruh secara parsial sebesar 12 8% terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disarankan agar mahasiswa meningkatkan minatnya pada profesi guru ekonomi dengan cara antara lain mempelajari dan menyayangi hal-hal yang berkaitan dengan profesi guru dan dosen diharapkan menanamkan jiwa idialisme guru sehingga mahasiswa lebih tertarik merasa mantap dan bangga terhadap Profesi Guru Ekonomi untuk mendukung hal tersebut pihak FE meningkatkan kualitas sarana pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman sebagai tempat belajar mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38822 |
Actions (login required)
View Item |