Persepsi guru ekonomi tentang penilaian portofolio dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (studi kasus pada guru ekonomi di SMA Negeri Srengat) / Fitri Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru ekonomi tentang penilaian portofolio dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (studi kasus pada guru ekonomi di SMA Negeri Srengat) / Fitri Puji Astuti

Astuti, Fitri Puji (2010) Persepsi guru ekonomi tentang penilaian portofolio dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (studi kasus pada guru ekonomi di SMA Negeri Srengat) / Fitri Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Portofolio KTSP Kurikulum terbaru tahun 2006 lebih dikenal dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) membawa konsekuensi adanya pengembangan silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta sistem penilaian yang berbasis kompetensi. Salah satu jenis penilaian yang ada dalam KTSP adalah penilaian portofolio. Penilaian portofolio merupakan salah satu bentuk penilaian yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik secara optimal dan mendorong peserta didik bertanggung jawab atas proses belajar mengajar. Keberhasilan pelaksanaan portofolio akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mempersepsikan dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru ekonomi tentang persiapan penilaian portofolio untuk mendeskripsikan persepsi guru ekonomi dalam pelaksanaan penilaian portofolio untuk mendeskripsikan persepsi guru ekonomi tentang evalusi penilaian portofolio untuk mendeskripsikan persepsi guru ekonomi tentang implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran sesuai dengan KTSP. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Srengat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus. Sumber data yang digunakan sebanyak lima orang guru ekonomi. Instrumen yang digunakan berupa angket/ kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang persiapan penilaian portofolio rata-rata mempunyai tingkat persepsi yang baik yaitu 69 50%. Persepsi guru tentang pelaksanaan penilaian portofolio rata-rata mempunyai tingkat persepsi yang baik yaitu 65 50%. Persepsi guru tentang evaluasi penilaian portofolio rata-rata mempunyai tingkat persepsi yang baik yaitu sebesar 77 14%. Sedangkan persepsi guru tentang implementasi penilaian portofolio rata-rata mempunyai tingkat persepsi yang baik yaitu sebesar 65 00%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru ekonomi hendaknya dapat lebih meningkatkan kompetensinya agar dapat memiliki kemampuan dalam merancang dan mengimplementasikan lebih baik lagi. Guru sebagai pelaksana kegiatan belajar mengajar harus memahami dan dapat menerapkan penilaian sebagaimana mestinya sehingga akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta meningkatan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38817

Actions (login required)

View Item View Item