Pengaruh penggunaan teknologi informasi (TI) dan pelaksanaan proses belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 8 Malang / Siti Nafi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan teknologi informasi (TI) dan pelaksanaan proses belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 8 Malang / Siti Nafi'ah

Nafi'ah, Siti (2010) Pengaruh penggunaan teknologi informasi (TI) dan pelaksanaan proses belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 8 Malang / Siti Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi telah banyak memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon komputer internet email dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Cara guru menyampaikan materi juga tidak hanya menulis dipapan tulis tetapi dapat menggunakan media LCD proyektor serta OHP sehingga pemanfaatan waktu dinilai lebih efisien. Namun dengan penggunaan teknologi informasi juga terdapat dampak dalam pembelajaran yakni 1). Pemakaian internet dikelas yang pengawasannya tidak efektif memungkinkan pebelajar menggunakan internet untuk hal yang lain yang tidak berkepentingan dengan fungsinya. 2). Kemudahan dalam mendapat pesan atau informasi bagi pebelajar menyebabkan pebelajar menyerahkan tugas-tugas yang bukan menjadi hak miliknya 3). Sulit mengkontrol pengaksesan informasi yang tidak sesuai untuk tugas seorang pebelajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMPN 8 Malang. (2) Mengetahui pengaruh proses belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMPN 8 Malang. (3) Mengetahui pengaruh simultan antara tingkat penggunaan teknologi informasi dan proses belajar ekonomi pada siswa SMPN 8 Malang. Populasi penelitian ini adalah kelas VII H VIII H IX H SMPN 8 Malang. Teknik yang digunakan menggunakan teknik populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan prosentase korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri variabel bebas yaitu penggunaan teknologi informasi (X1) dan pelaksanaan proses belajar (X2). sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel penggunaan teknologi informasi(X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti bahwa t sebesar 4 543 t 1 663. Jika dilihat dari tingkat signifikansinya (000) (0 05) maka H ditolak dan H diterima. pada variabel pelaksanaan proses belajar (X2) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti bahwa t sebesar 4 663 t 1 663. Jika dilihat dari tingkat signifikansinya (000) (0 05) maka H ditolak dan H diterima. sedangkan secara simultan berdasarkan hasil uji F besaran probabilitasnya (Sig) 0 00 0 05 dan Nilai F 116 555 F tabel 3 11. Maka hal ini menunjukkan bahwa antara penggunaan teknologi informasi dan pelaksanaan proses belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan teknologi informasi dan pelaksanaan proses belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Malang. Saran untuk penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar diharapkan kontribusi teknologi informasi yang semakin maju dan pelaksanaan proses belajar yang menarik menjadikan pembelajaran dikelas itu bukanlah hal yang membosankan lagi namun akan membangkitkan semangat siswa untuk lebih termotivasi dalam belajar sehingga dengan termotivasinya siswa dalam belajar menjadikan prestasi belajar siswa juga ikut meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38816

Actions (login required)

View Item View Item