Hubungan Kompetensi Guru, Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo / Ismakrufah

Ismakrufah (2018) Hubungan Kompetensi Guru, Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo / Ismakrufah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ismakrufah. 2017. Hubungan Kompetensi Guru, Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Maisyaroh, M. Pd, (II) Dr. Mustiningsih, M. Pd. Kata kunci : kompetensi, pelayanan, dan motivasi belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat kompetensi guru tertinggi dan terendah, mengetahui tingkat pelayanan TAS tertinggi dan terendah, mengetahui tingkat motivasi belajar siswa tertinggi dan terendah, mengetahui hubungan kompetensi guru dan motivasi belajar siswa, mengetahui hubungan pelayanan TAS dan motivasi belajar siswa, serta mengetahui hubungan kompetensi guru, pelayanan TAS dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 380 orang siswa dari populasi sejumlah 7.201 orang siswa dengan lokasi penelitian di SMA Negeri se-Kabupaten Sidoarjo. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni berupa angket tertutup. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson serta korelasi ganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) 16.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kompetensi guru tertinggi berada di SMA Negeri 1 Krian sedangkan tingkat kmpetensi guru terendah berada di SMA Negeri 1 Taman, (2) tingkat pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) tertinggi berada di SMA Negeri 1 Tarik dan SMA Negeri 1 Krian sedangkan tingkat pelayanan TAS terendah berada di SMA Negeri 1 Taman, (3) tingkat motivasi belajar siswa tertinggi berada di SMA Negeri Olahraga sedangkan tingkat motivasi belajar terendah berada di SMA Negeri 1 Sidoarjo, (4) terdapat hubungan yang signifikan kompetensi guru dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Sidoarjo, (5) terdapat hubungan yang signifikan pelayanan TAS dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Sidoarjo, dan (6) terdapat hubungan yang signifikan kompetensi guru, pelayanan TAS dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Sidoarjo. Saran dari penelitian ini ialah: (1) Kepala SMA Negeri 1 Tarik sebaiknya memperhatikan kompetesi profesional guru yang masih rendah dan memperhatikan komponen jaminan TAS yang masih rendah dalam memberikan pelayanan, Kepala SMA Negeri Olahraga sebaiknya memperhatikan kompetensi pedagogik guru yang masih rendah dan memperhatikan komponen empati TAS yang masih rendah dalam memberikan pelayanan, Kepala SMA Negeri 2 Sidoarjo sebaiknya memperhatikan kompetensi kepribadian guru yang masih rendah, dan memperhatikan komponen daya tanggap TAS yang masih rendah dalam vi memberikan pelayanan, Kepala SMA Negeri 1 Krembung sebaiknya memerhatikan kompetensi profesional guru yang masih rendah dan memperhatikan komponen jaminan TAS yang masih rendah dalam memberikan pelayanan, Kepala SMA Negeri 1 Taman sebaiknya memperhatikan kompetensi sosial guru yang masih rendah dan memperhatikan komponen daya tanggap TAS yang masih rendah dalam memberikan pelayanan, Kepala SMA Negeri 1 Krian sebaiknya memperhatikan kompetensi pedagogik guru yang masih rendah dan memperhatikan komponen daya tanggap TAS yang masih rendah dalam memberikan pelayanan, dan Kepala SMA Negeri 1 Sidoarjo sebaiknya memperhatikan kompetensi kepribadian guru yang masih rendah dan memperhatikan komponen empati TAS yang masih rendah dalam memberikan pelayanan, (2) Guru SMA Negeri 1 Tarik sebaiknya meningkatkan kompetensi profesional yang masih rendah, Guru SMA Negeri Olahraga sebaiknya meningkatkan kompetensi pedagogik yang masih rendah, Guru SMA Negeri 2 Sidoarjo sebaiknya meningkatkan kompetensi kepribadian yang masih rendah, Guru SMA Negeri 1 Krembung sebaiknya meningkatkan kompetensi profesional yang masih rendah, Guru SMA Negeri 1 Taman sebaiknya meningkatkan kompetensi sosial yang masih rendah, Guru SMA Negeri 1 Krian sebaiknya meningkatkan kompetensi pedagogik yang masih rendah, dan Guru SMA Negeri 1 Sidoarjo sebaiknya meningkatkan kompetensi kepribadian yang masih rendah, (3) TAS SMA Negeri 1 Tarik sebaiknya meningkatkan komponen jaminan yang masih rendah, TAS SMA Negeri Olahraga sebaiknya meningkatkan komponen empati yang masih rendah, TAS SMA Negeri 2 Sidoarjo sebaiknya meningkatkan komponen daya tanggap yang masih rendah, TAS SMA Negeri 1 Krembung sebaiknya memperhatikan komponen jaminan yang masih rendah, TAS SMA Negeri 1 Taman sebaiknya meningkatkan komponen daya tanggap yang masih rendah, TAS SMA Negeri 1 Krian sebaiknya meningkatkan komponen daya tanggap yang masih rendah, dan TAS SMA Negeri 1 Sudoarjo sebaiknya memperhatikan komponen empati yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item