Penarapan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung / Widya Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penarapan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung / Widya Kurniasari

Kurniasari, Widya (2010) Penarapan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung / Widya Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Konstruktivistik Picture And Picture Keaktifan Hasil Belajar Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pemerintah telah mengembangkan kurikulum KTSP. Dari perubahan tersebut guru dituntut untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran sehingga lebih melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar (student centered). Penerapan model pembelajaran yang selalu sama akan menyebabkan peserta didik mudah bosan yang pada akhirnya akan menyebabkan keaktifan dan hasil belajar menjadi tidak optimal. Pembelajaran konstruktivistik pada dasarnya menekankan bahwa pengetahuan harus dibangun oleh peserta didik berdasarkan apa yang telah dimilikinya sebelumnya. Penggunaan model picture and picture agar peserta didik dirangsang untuk merumuskan masalah mengambil hipotesis dan menggeneralisasikannya sehingga pembelajaran lebih berarti. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung (2) Mendeskripsikan penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS Ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung melalui pembelajaran konstruktivistik (3) Mendeskripsikan penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung melalui pembelajaran konstruktivistik dan (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus tindakan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data peningkatan keaktifan belajar diukur dengan observasi peningkatan hasil belajar kognitif diukur dengan test hasil belajar sedangkan hasil belajar afektif peningkatannya diukur dengan observasi dan hasil laporan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran konstruktivisitik dengan model picture and picture dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik aspek kognitif dan afektif. Keaktifan belajar secara pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 68 1% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 91 4%. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I menunjukkan persentase nilai rata-rata sebesar 58 9% pada kegiatan pre test dan meningkat menjadi 82 7% pada saat post test. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada ii siklus I sebesar 10 3% pada saat pre test dan meningkat menjadi 72 5% pada saat pre test. Pada siklus II menunjukkan persentase sebesar nilai rata-rata sebesar 65 9% pada kegiatan pre test dan meningkat menjadi 84 2% pada saat post test. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 29 7% pada saat pre test dan meningkat menjadi 78 9% pada saat pre test. Sehingga pada siklus II kelas VIII-G SMP Negeri 1 Tulungagung dapat dinyatakan telah tuntas belajarnya dan bisa disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar aspek afektif dengan observasi menunjukkan persentase ratarata nilai afektif pada siklus I sebesar 75 3% dan mengalami peningkatan menjadi 88 2% pada siklus II. Sedangkan persentase rata-rata nilai afektif pada siklus I sebesar 75 3% dan mengalami peningkatan menjadi 88 14% pada siklus II. Hasil pengukuran sikap dengan angket pada siklus I sebesar 76 3% dan meningkat pada siklus II menjadi 81 6%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture baik. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi sekolah yang ingin mengubah pembelajaran dari teacher centered menuju student centered maka disarankan untuk menggunakan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture ini. Bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Ekonomi secara khusus pada materi permintaan dan penawaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar disarankan untuk menerapkan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture jika keadaan dan permasalahannya sama atau mirip dengan permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini. Bagi peneliti lain yang berminat untuk meneliti tentang model picture and picture diharapkan selain meneliti tentang hasil belajar ranah kognitif dan afektif juga meneliti tentang aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38808

Actions (login required)

View Item View Item