Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 8 Malang / Eka Hana Mardhiyanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 8 Malang / Eka Hana Mardhiyanah

Mardhiyanah, Eka Hana (2010) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 8 Malang / Eka Hana Mardhiyanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tingkat Pendidikan Orang Tua Fasilitas Belajar Prestasi Belajar Prestasi belajar merupakan penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran lazimnya ditunjukkan dengan nilai test atau angka yang ditunjukkan oleh guru. Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain adalah tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh parsial antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 8 Malang tahun ajaran 2009/2010 (2) Pengaruh parsial antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 8 Malang tahun ajaran 2009/2010 (3) Pengaruh simultan antara tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 8 Malang tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Malang tahun ajaran 2009/2010. Dari hasil analisis data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel tingkat pendidikan orang tua (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar terbukti besaran probabilitas (Sig) pada variabel tingkat pendidikan orang tua (X1) adalah 0 001 0 05 dan t hitung (3 424) ttabel(1 991). Jika dilihat dari tingkat signifikansinya 0 001 dibawah 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada variabel fasilitas belajar (X2) secara parsial juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan besaran probabilitas (Sig) pada variabel fasilitas belajar (X2) adalah 0 006 0 05. Jika dilihat dari tingkat signifikansinya 0 006 dibawah 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan berdasarkan dari hasil uji F diketahui besaran probabilitas (Sig.) 0 000 0 05 dan menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestsi belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMPN 8 Malang yaitu 18 8 % (2) Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMPN 8 Malang yaitu 14 37 % (3) Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMPN 8 Malang yaitu 33 2 % Hal ini membuktikan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memasukkan variabel yang lainnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan hasilnya lebih valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38803

Actions (login required)

View Item View Item