Pajar ekonomi siswa yerbedaan hasil belang menggunakan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan (studi pada siswa kelas X MA. Manbaul U - Repositori Universitas Negeri Malang

Pajar ekonomi siswa yerbedaan hasil belang menggunakan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan (studi pada siswa kelas X MA. Manbaul U

Khusnah, Lathifatul (2010) Pajar ekonomi siswa yerbedaan hasil belang menggunakan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan (studi pada siswa kelas X MA. Manbaul U. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar STAD Konvensional. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Rendahnya mutu pendidikan ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Hal itu disebabkan masih adanya kesulitan dalam pembelajaran ekonomi yang ditimbulkan karena kurangnya variasi pembelajaran Ekonomi. Materi yang harus disampaikan pada siswa sangat banyak sehingga guru dengan metode kontektual yang meliputi kegiatan ceramah bervariasi mengejar pemenuhan materi. Oleh karena itu diperlukan variasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar Ekonomi pada siswa yang salah satunya dapat dilakukan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dalam pembelajaran model ini melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan memeriksa pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui hasil belajar ekonomi siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada pokok bahasan konsumsi dan tabungan. (2) Mengetahui hasil belajar ekonomi siswa setelah penerapan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab pada pokok bahasan Konsumsi dan Tabungan. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa setelah menjalani pembelajaran kooperatif model STAD dengan pendekatan pembelajaran model ceramah dan tanya jawab pada pokok bahasan Konsumsi dan Tabungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan quasi eksperimental design. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X.A dan X.B yang berjumlah 60 siswa dengan Mata Pelajaran Ekonomi semester genap tahun pelajaran 2009/2010 di MA. Manbaul Ulum Gresik. Data diambil melalui teknik dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil uji beda hasil belajar siswa dari kedua kelompok diperoleh t hitung -0 680. Pada taraf signifikasi 5% dengan df 30 30-2 58 diperoleh t tabel 2 002. Dengan demikian diketahui bahwa t hitung t tabel yang berarti kedua kelompok tidak berbeda nilai rata-rata pre testnya atau kedua kelompok memiliki kesepadanan atau memiliki kemampuan awal yang sama atau homogen. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD adalah 55 00 dan yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 50 50. Setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung 2 020 t tabel 2 002. Berdasarkan hasil uji gain score hasil belajar siswa yang mendapatkan pengajaran dengan pembelajaran koperatif model STAD dengan pembelajaran konvensional diperoleh harga t hitung 2 191 t tabel 2 002 Dengan demikian menunjukkan bahwa H0 yang berbunyi Tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara metode kooperatif model STAD dengan metode konvensional model ceramah dan tanya jawab pada siswa kelas X.A dan X.B MA. Manbaul Ulum Gresik ditolak Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran dengan pembelajaran kooperatif model STAD dengan siswa yang diberi pengajaran dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab pada mata pelajaran ekonomi berbeda secara signifikan. Hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran dengan pembelajaran kooperatif model STAD lebih baik dan lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan tanya jawab. Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saran-saran yaitu (1) Bagi sekolah yang terkait disarankan untuk mensosialisasikan pembelajaran model STAD dalam pelatihan dan penataran pendidikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. (2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi MA. Manbaul Ulum Gresik pada khususnya dan para guru di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas pada materi yang yang tidak hanya diketahui oleh siswa secara individu namun siswa juga mampu untuk mempelajarinya dengan aktif dan kreatif melalui pembelajaran kooperatif. (3) Pada penelitian ini dalam mengukur hasil belajar siswa peneliti hanya mengukur ranah kognitif saja oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur ranah hasil belajar yang lain (afektif dan psikomotor).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38801

Actions (login required)

View Item View Item