Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Arniati

Arniati (2013) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Arniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: pendekatan keterampilan proses, hasil belajar Di lingkungan sekolah dasar diharapkan ada penekanan pembelajaran yang diarahkan pada pengalaman belajar siswa. Dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Karangbesuki 1 masih menggunakan metode ceramah dan teori saja. Jarang dilakukan eksperimen, sehingga siswa masih kurang memahami materi pelajaran dan berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil belajar UTS siswa SDN Karangbesuki 1 diketahui 20 siswa mencapai nilai KKM >70 dan 16 siswa mendapat nilai <70. Pendekatan lain yang dapat memacu peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA. Dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA, siswa akan mampu menemukan fakta, konsep dan prinsip. Penelitian ini dilaksanakan dengan rumusan masalah (1) bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran IPA yang dilakukan guru dengan pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang, (2) bagaimankah aktivitas keterampilan proses yang dimiliki siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang, (3) apakah penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi sifat dan perubahan benda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, observasi dan tes tertulis. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam pembelajaran IPA mengenai sifat dan perubahan benda, diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I (66,7%) mengalami peningkatan pada sikus II yaitu (81,81%). Hasil observasi aktivitas pembelajaran siswa menjadi lebih meningkat dengan penerapan pendekatan keterampilan proses yang terlihat pada siklus I yaitu 78,1% dan siklus II menjadi 91,3% . Hasil observasi kemampuan guru dalam pembelajaran IPA dikatagorikan baik yang terlihat pada siklus I 81,8% dan meningkat pada siklus II yaitu 86,3%. Berdasarkan penelitan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDN Karangbesuki 1 sudah diterapkan dengan baik oleh guru dan dapat meningkatkan aktivitas keterampilan siswa serta hasil belajar siswa. &#8195;

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item