Studi perbandingan kemampuan siswa menganalisis masalah ekonomi didasarkan pada penerapan metode pembelajaran inquiry dan peta konsep (Studi quasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso / Ika Citra Nirmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan kemampuan siswa menganalisis masalah ekonomi didasarkan pada penerapan metode pembelajaran inquiry dan peta konsep (Studi quasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso / Ika Citra Nirmala

Nirmala, Ika Citra (2010) Studi perbandingan kemampuan siswa menganalisis masalah ekonomi didasarkan pada penerapan metode pembelajaran inquiry dan peta konsep (Studi quasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso / Ika Citra Nirmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menganalisis masalah ekonomi inquiry peta konsep. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti. Ada tiga komponen yang perlu diperhatikan dalam pembaruan pendidikan yaitu pembaruan kurikulum peningkatan kualitas pembelajaran dan efektivitas metode pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menuntut keaktivan siswa. Dalam pembelajaran yang demikian siswa tidak lagi ditempatkan dalam posisi pasif sebagai penerima bahan ajaran yang diberikan guru tetapi sebagai subyek yang aktif melakukan proses berpikir mencari mengolah mengurai menggabungkan menyimpulkan dan menyelesaikan masalah. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas dalam proses pembelajaran. Siswa tidak lagi ditempatkan dalam posisi pasif sebagai penerima bahan ajaran yang diberikan guru tetapi sebagai subyek yang aktif melakukan proses berpikir mencari mengolah mengurai menggabungkan menyimpulkan dan menyelesaikan masalah. Penguasaan terhadap konsep-konsep baik dari konsep yang sederhana sampai konsep yang kompleks sangat diperlukan guna menghindari terjadinya kesalahan konsep pada siswa. Metode inquiry dan peta konsep merupakan metode yang tidak hanya mengaktifkan siswa tetapi juga memberikan kebebasan siswa untuk mengekspresikan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis masalah ekonomi yang mengalami proses pembelajaran inquiry mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis masalah ekonomi yang mengalami proses pembelajaran peta konsep dan menganalisis perbandingan kemampuan siswa menganalisis masalah ekonomi antara siswa yang mengalami proses pembelajaran inquiry dengan siswa yang mengalami proses pembelajaran peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso yang terdiri dari 6 kelas kemudian diambil sampel berdasarkan purposive sampling. Kelas X.5 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerapkan metode inquiry sedangkan kelas X.6 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerapkan metode peta konsep. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa test. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menganalisis masalaha ekonomi antara siswa yang mengalami proses pembelajaran inquiry dengan siswa yang mengalami proses pembelajaran peta konsep. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut tentang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38799

Actions (login required)

View Item View Item