Kepuasan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen FIP UM / Ratna Dianita Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepuasan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen FIP UM / Ratna Dianita Pertiwi

Pertiwi, Ratna Dianita (2018) Kepuasan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen FIP UM / Ratna Dianita Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Ratna Dianita. 2017. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Etika Pelayanan Pegawai Tata Usaha Dan Dosen FIP UM. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata Kunci kepuasan mahasiswa etika pelayanan Etika pelayanan merupakan hal yang perlu dipahami dalam pengelolaan dan pelaksanaan tugas-tugas sehingga dapat menciptakan hubungan kerjasama yang harmonis dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan secara efektif dan efisien. Hal ini berlaku bagi seluruh tenaga pendidik dan non pendidik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha FIP Universitas Negeri Malang 2) Mendiskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap etika pelayanan dosen FIP Universitas Negeri Malang 3) Mendiskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen FIP Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik angket tertutup. Adapun analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kepuasan yang diharapkan mahasiswa dengan kepuasan sesungguhnya yang dirasakan mahasiswa terhadap variabel etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan peneliti adalah sebagai berikut hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan yang diharapkan mahasiswa dengan tingkat kepuasan sesungguhnya yang dirasakan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil statistik uji Z yang dihasilkan sebesar -8.545 hipotesis kedua menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan yang diharapkan mahasiswa dengan tingkat kepuasan sesungguhnya yang dirasakan mahasiswa terhadap etika pelayanan dosen . Hal tersebut ditunjukkan dari hasil statistik uji Z yang dihasilkan sebesar -8.525 hipotesis ketiga menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan yang diharapkan mahasiswa dengan tingkat kepuasan sesungguhnya yang dirasakan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil statistik uji Z yang dihasilkan sebesar -8.548. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan yang diharapkan mahasiswa dengan kepuasan sesungguhnya yang dirasakan mahasiswa terhadap etika pelayanan pegawai tata usaha dan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dengan demikian sebaiknya para pegawai tata usaha menerapkan standar pelayan di FIP dan dosen memperbaiki kekurangan dalam pelayanan yang meliputi penampilan serta sikap sehingga dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3878

Actions (login required)

View Item View Item