Pengaruh aspek kompetensi professionalisme terhadap kinerja guru ekonomi (Studi pada guru bersertifikasi di kota kediri) / Suprapti Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aspek kompetensi professionalisme terhadap kinerja guru ekonomi (Studi pada guru bersertifikasi di kota kediri) / Suprapti Ningsih

Ningsih, Suprapti (2010) Pengaruh aspek kompetensi professionalisme terhadap kinerja guru ekonomi (Studi pada guru bersertifikasi di kota kediri) / Suprapti Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningsih Suprapti.2009. Pengaruh Aspek Kompetensi Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Ekonomi (Studi Pada Guru Bersertifikasi di kota Kediri) . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Farida Rachmawati S.E M.E Kata Kunci aspek kompetensi profesionalisme kinerja guru Sertifikasi guru merupakan suatu upaya dari pemerintah untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan meningkatkan martabat guru meningkatkan profesionalitas guru dan meningkatkan kesejahteraan guru. Hal ini dengan harapan bahwa dengan sertifikasi guru maka kinerja guru juga akan semakin meningkat sehingga mutu pendidikan juga semakin baik. Guru dikatakan profesional jika memiliki aspek kompetensi profesionalisme yaitu kompetensi kepribadian kompetensi pedagogik kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dengan kompetensi yang dimiliki tersebut akan berdampak pada kinerja guru untuk menambah kualitas pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru ekonomi yang lulus sertifikasi khususnya di kota Kediri. Terutama pengaruh aspek kompetensi profesionalisme yang dimiliki oleh guru yang lulus sertifikasi terhadap kinerja mereka apakah ada perubahan antara sebelum dan sesudah lulus sertifikasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Aspek Kompetensi Profesionalisme (X) dan Kinerja Guru Ekonomi (Y). penelitian ini dilakukan kepada para guru ekonomi yang bersertifikasi di SMA Negeri se-kota Kediri. Respondennya adalah kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan para siswa dari guru yang diteliti. Dalam penelitian ini guru yang diteliti sebanyak 30 orang yang tersebar dalam 8 Sekolah Menengah Atas Negeri se-kota Kediri. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuesioner/angket tertutup yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profesionalisme guru yang dilihat dari aspek kompetensi profesionalisme yang dimiliki cukup baik. Hal ini terbukti dari penyebaran kuesioner/angket dengan masing-masing aspek kompetensi yaitu 56 7% (17 orang guru) memiliki tingkat kompetensi kepribadian yang tinggi 40% (12 oarang guru) memiliki tingkat kompetensi pedagogik yang tinggi 80% (24 orang guru) memiliki tingkat kompetensi profesional yang tinggi dan 53 3% (16 orang guru) memiliki tingkat kompetensi sosial yang tinggi. Sedangkan untuk kinerja guru ekonomi yang bersertifikasi di kota Kediri diketahui 59 4% (19 orang guru) memiliki tingkat kinerja yang tinggi. Secara parsial kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial tidak berpengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru ekonomi di kota Kediri meskipun guru ekonomi di kota Kediri rata-rata mempunyai tingkat kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang tinggi sedangkan untuk kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional mempunyai pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru ekonomi bersertifikasi di kota Kediri. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara aspek kompetensi profesionalisme terhadap kinerja guru ekonomi bersertifikasi di Kediri. Terbukti dari hasil analisis menunjukkan bahwa besaran probabilitas (Sig.) 0 043 0 05 dan Fhitung (2 889) Ftabel (2 76). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru ekonomi yang lulus sertifikasi di SMA Negeri se-kota Kediri hendaknya dapat mencerminkan 4 kompetensi yang ada dalam kegiatan belajar mengajar agar mutu pendidikan di Indonesia dapat meningkat. Bagi guru yang kurang memenuhi keempat kompetensi tersebut hendaklah merubah diri agar keempat kompetensi tersebut dapat dipenuhi sehingga kinerja guru dalam proses belajar mengajar juga akan meningkat. Jika kinerja seorang guru meningkat maka output yang dihasilkan disini yang dimaksud adalah peserta didik tentu juga akan lebih baik. Dengan begitu cita-cita bangsa untuk mencerdaskan masyarakatnya juga akan terpenuhi. Selain itu berbagai program untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi dan kinerjanya hendaknya tidak berhenti begitu saja setelah sertifikat pendidik didapatkan melainkan tetap membekali diri dengan berbagai program peningkatan pendidikan seperti pelatihan dan seminar di dalam maupun di luar area guru tersebut berada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38775

Actions (login required)

View Item View Item