Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SMAN 5 Malang / Indra Syahidi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SMAN 5 Malang / Indra Syahidi Kurniawan

Kurniawan, Indra Syahidi (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SMAN 5 Malang / Indra Syahidi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Indra Syahidi. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.S. Ed (II) Drs. Moch. Ichsan SE. M.Pd. M.Si Kata Kunci Persepsi Belajar Prestasi Belajar Suatu proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif bila seluruh komponen yang berpengaruh dalam proses belajar mengajar saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan. Semua komponen yang dimaksud akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di dalam pelaksanaannya proses belajar mengajar tidak seluruhnya berjalan secara efektif dan efisien seperti apa yang diharapkan. Salah satu masalah yang muncul yaitu seringkali terdapat siswa yang tidak suka mengikuti mata pelajaran tertentu. Siswa yang tidak suka mengikuti proses belajar mengajar mata pelajaran tertentu misalnya ekonomi salah satunya disebabkan karena tingkat persepsi yang rendah sehingga tidak suka terhadap mata pelajaran ekonomi itu sendiri. Persepsi disini bukan hanya sebagai kesan maupun tanggapan saja setelah proses pembelajaran ekonomi dilakukan tetapi persepsi ini juga mencakup dari pokok pikiran siswa di dalam mempelajari ilmu ekonomi. Hal inilah yang mendasari penelitian ini dilakukan dalam rangka menjawab masalah (a) Bagaimana persepsi siswa terhadap mata pelajaran ekonomi (b) Bagaimana prestasi siswa dalam mata pelajaran ekonomi dan (c) Bagaimana pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMAN 5 Malang. Dengan menggunakan analisis Chi-Square diperoleh hasil bahwa secara parsial persepsi siswa berbeda secara signifikan antara mereka yang mempersepsi tinggi terhadap mata pelajaran ekonomi dengan mereka yang mempersepsi rendah . Beda persepsi ini juga ditunjukkan pada latar belakang prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kesimpulan pokok hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan bahwa siswa yang persepsinya tinggi pada mata pelajaran ekonomi cenderung memiliki prestasi yang tinggi pula. Saran yang penting untuk ditindaklanjuti adalah bahwa guru perlu meningkatkan motivasi siswa di dalam belajar ekonomi sesuai dengan indikator persepsi yang tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38773

Actions (login required)

View Item View Item