Penerapan pembelajaran dengan pendekatan scaffolding pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Bayu Permana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan scaffolding pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Bayu Permana Putra

Putra, Bayu Permana (2010) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan scaffolding pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Bayu Permana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bayu Permana Putra 2009. Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Scaffolding Pada Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Moch Ichsan S.E. M.Pd. M.Si (II) Agus Sumanto S.E M.S.A. Kata Kunci Scaffolding Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh dari guru ekonomi kelas X.2 SMA laboratorium UM pembelajaran ekonomi selama ini yang digunakan oleh guru ekonomi di SMA Laboratorium UM sebenarnya telah memakai beberapa metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar (misalnya Jigsaw Number Head Togheter Problem Solving) karena SMA laboratorium Universitas Negeri Malang merupakan SMA percontohan dalam penggunaan berbagai metode pembelajaran tersebut. Namun diketahui bahwa nilai atau hasil belajar siswa SMA laboratorium Universitas Negeri Malang dirasa masih kurang atau belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimum. Dari hal ini mungkin dalam pembelajaran masih perlu pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa serta masih diperlukannya penambahan beberapa metode pembelajaran agar terdapat berbagai variasi metode pembelajaran terhadap siswa sehingga proses pembelajaran akan lebih menyenangkan dan lebih variatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laboratorium UM pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Laboratorium UM dan dilaksanakan pada 18 Mei 2009 sampai dengan 08 Juni 2009. Analisis data yang digunakan dengan model alir yang meliputi tahap mereduksi data menyajikan data verifikasi data atau menarik kesimpulan. Pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran ekonomi sebab disamping untuk pencapaian tujuan juga harus mempertimbangkan karakteristik dan setting pembelajaran ekonomi tersebut. Pembelajaran ekonomi merupakan suatu siklus sehingga ketrampilan yang satu berkaitan dengan ketrampilan yang lain dan mengutamakan target pencapaian melalui pelatihan yang dialami langsung oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan scaffolding perlu digunakan sebagai upaya peningkatan proses belajar mengajar sehingga siswa memiliki kemampuan dalam memahami konsep materi sikap positif juga ketrampilan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 SMA Laboratorium UM. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya disesuaikan dengan materi dan lingkungan belajar serta ketersediaan waktu yang cukup. Hal ini dikarenakan dengan waktu yang optimal pelaksanakan pembelajaran yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Bagi guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang mempunyai hasil belajar dibawah SKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38772

Actions (login required)

View Item View Item