Analisis faktor-faktor stres kerja pada guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Blitar / Muh. Badrun Alwafi

Alwafi, Muh. Badrun (2018) Analisis faktor-faktor stres kerja pada guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Blitar / Muh. Badrun Alwafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alwafi, Muh. Badrun. 2017. Analisis Faktor-faktor Stres Kerja pada Guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos., M.Pd., (II) Dr. H. Juharyanto, M.M., M. Pd. Kata kunci: faktor stres, stres kerja, guru sekolah dasar negeri Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Perubahan-perubahan itu mengakibatkan tuntutan kinerja yang lebih tinggi dari setiap individu. Adanya perkembangan tersebut mengakibatkan seorang individu harus mengubah pola kerjanya sesuai dengan tuntutan yang ada sekarang. Dalam kehidupan modern yang semakin kompleks, manusia akan cenderung mengalami stres apabila kurang mampu mengadaptasikan keinginan dengan kenyataan yang ada, baik kenyataan yang ada di dalam maupun di luar dirinya. Segala macam bentuk stres pada dasarnya disebabkan oleh tidak tahunya manusia akan keterbatasannya sendiri. Sama halnya dalam dunia pendidikan, seorang individu juga akan melewati masamasa dimana merasa tertekan/stres pada saat menjalankan tugasnya. Pendidik yang dalam keadaan stres tentu juga akan terganggu kinerjanya dalam menyelesaikan tugasnya. Oleh karena itu diperlukan analisis mengenai faktorfaktor stres yang dapat menjadi acuan guru dalam mengelola stres dengan baik agar dapat membimbing para anak didik tanpa harus mengalami stres yang berlebihan. Berkaitan dengan fenomena tersebut peneliti akan mengangkat judul ÔÇÿAnalisis Faktor-faktor stres kerja guru pada SDN di Kota BlitarÔÇÖ. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengukur tingkat stres kerja guru pada SDN di Kota Blitar; (2) mendefinisikan faktor-faktor yang menimbulkan stres kerja guru pada SDN di Kota Blitar; dan (3) menjelaskan faktor stres kerja paling dominan yang dihadapi guru dalam menjalankan tugasnya pada SDN di Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode analisis faktor. Metode ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi dari faktor-faktor yang telah diidentifikasi. Populasi dalam penelitian sejumlah 623 guru, kemudian pengambilan sampel melalui teknik Cluster purposive Sampling. Selanjutnya digunakan rumus formula Slovin, diperoleh hasil sampel sejumlah 244 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket tertutup dengan jumlah butir pernyataan sebanyak 33 butir. Analisis data dilakukan dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI) dan Statistical Package for Social Science (SPSS) for Windows versi 23.0. Temuan penelitian ini adalah, (1) tingkat stres kerja pada guru SDN di Kota Blitar termasuk dalam kategori tinggi; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi stres kerja pada guru SDN di Kota Blitar meliputi: (a) faktor kontrol diri, (b) faktor kondisi lingkungan ajar, (c) faktor kebijakan sekolah, (d) faktor kemampuan diri, (e) faktor lingkungan sosial; (f) faktor adaptasi dengan lingkungan baru dan (g) faktor dukungan; dan (3) faktor paling dominan yang dapat mempengaruhi stres kerja pada guru SDN di Kota Blitar adalah faktor kontrol diri.ii Saran dalam penelitian ini untuk: guru SDN di Kota Blitar, (1) Bagi Guru SDN di Kota Blitar, sebaiknya melakukan instrospeksi diri lagi dan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan stres yang berlebihan dengan hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat menyebabkan stres dan tindak lanjut yang dapat mengelola stres dengan baik. Dengan demikian para guru dapat memberikan kinerja yang maksimal dalam melakukan proses belajar mengajar di sekolah. (2) Kepada Kepala Sekolah SDN di Kota Blitar, sebagai pemimpin di sekolah hendaknya dapat aktif dan tanggap terhadap permasalahan-permasalahan yang membuat guru megalami stres yang dalam kadar tidak wajar (tinggi). Hal pertama yang harus dilakukan kepala sekolah adalah dengan melakukan pendekatan personal dengan memberikan wejangan menyangkut cara-cara mengelola stres yang benar. (3) Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, hendaknya melakukan evaluasi kinerja guru untuk menganalisis permasalahan-permasalahan yang menjadi penyebab stres kerja guru. Selanjutnya Dinas pendidikan terkait dapat mempertemukan guru-guru SDN kota Blitar dalam sebuah forum guna mengurai dan menyelesaikan permasalahan mengenai stres kerja. (4) Kepada Peneliti lain, penelitian ini hanya meneliti tentang stres kerja pada guru di SDN kota Blitar. Hendaknya peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti dalam skala yang lebih besar, guna sebagai acuan pemerintah daerah maupun pusat dalam menetapkan suatu kebijakan yang dapat memberikan guru cara-cara untuk mengelola stres dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item