Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung) / Yuliana Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung) / Yuliana Puspitasari

Puspitasari, Yuliana (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung) / Yuliana Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Yuliana. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd Kata Kunci Persepsi Keterampilan Mengajar Guru Prestasi Belajar Siswa Meningkatkan mutu pendidikan merupakan usaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut dengan memperbaiki mutu guru sebagai pendidik dan pengajar dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa yang dapat dilihat dari kompetensinya. Kompetensi yang dimaksud salah satunya adalah kemampuan guru untuk mengajar. Kemampuan yang dimiliki guru tersebut merupakan keterampilan mengajar yang harus dimiliki guru karena dengan keterampilan mengajar tersebut guru akan lebih mudah menguasai kelas dan membawa siswa menuju tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat persepsi keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa XI IPS yang ada di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Populasi adalah siswa SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling maka didapat 164 siswa untuk selanjutnya diambil sampel secara simple random sample didapat sampel sebanyak 84 siswa. Analisis regresi linier sederhana digunakan peneliti untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi dalam kategori baik dapat diartikan bahwa guru sering atau hampir selalu memraktekkan keterampilan mengajarnya dalam interaksi pembelajaran di dalam kelas. Hasil Ujian Tengah Semester menunjukkan prestasi belajar ekonomi siswa baik atau di atas Standar Ketuntasan Minimum yang telah ditetapkan sekolah yaitu di atas 75 Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru ekonomi sebanding dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini peneliti dapat memberikan saran kepada kepala sekolah agar memantau dan mengevaluasi peran guru dengan supervisi bagi guru mata pelajaran ekonomi hendaknya meningkatkan keterampilan mengajarnya agar menumbuhkan kesukaan siswa dalam berinteraksi di kelas dalam proses belajar mengajar bagi siswa agar meningkatkan prestasi belajar peneliti selanjutnya agar mengujicobakan variabel ini di sekolah yang sudah bertaraf internasional untuk mengetahui tingkat apakah masih berpengaruh peran guru di dalam kelas terhadap pestasi belajar mengingat siswa dituntut untuk belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38764

Actions (login required)

View Item View Item