Persepsi guru ekonomi tentang tingkat kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-kota Blitar / Siska Dwi Yuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru ekonomi tentang tingkat kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-kota Blitar / Siska Dwi Yuliati

Yuliati, Siska Dwi (2010) Persepsi guru ekonomi tentang tingkat kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-kota Blitar / Siska Dwi Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Yuliati Siska. 2009. Persepsi Guru Ekonomi Tentang Tingkat Kesulitan dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri se-Kota Blitar Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th M.Div M.E (2) Drs. H Ali Wafa Kata Kunci Persepsi Guru Ekonomi Tingkat Kesulitan Implementasi KTSP Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara nasional dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan pemerintah melakukan perubahan kurikulum setiap 10 tahun sekali. Namun belum genap 10 tahun pada tahun 2006 telah muncul kurikulum baru pengganti KBK yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Keberhasilan implementasi KTSP sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum tersebut karena faktor yang paling utama yaitu pada level kelas oleh guru. Karena seringnya perubahan kurikulum dilakukan oleh pemerintah tidak mudah satuan pendidikan terutama guru dapat menyesuaikan diri dengan kurikulum yang baru sehingga tidak heran apabila masih terdapat banyak kesulitan dalam pengimplementasiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah persepsi guru ekonomi tentang tingkat kesulitan dalam mengimplementasikan KTSP SMA Negeri se- Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara bebas. Angket dan panduan wawancara dikembangkan dari konsep implementasi KTSP yang diperoleh setelah melakukan kegiatan kajian pustaka. Data penelitian dianalisis dengan teknik persentase kesulitan. Hasil penelitian dideskripsikan mulai dari deskripsi umum menuju deskripsi yang lebih spesifik untuk memperoleh informasi tentang kesulitan guru ekonomi dalam upaya mengimplementasikan KTSP SMA Negeri se-Kota Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru ekonomi tentang tingkat kesulitan dalam mengimplementasikan KTSP SMA Negeri se-Kota Blitar tidak mengalami kesulitan (rata-rata kesulitan sebesar 48%). Meskipun rata-rata tidak mengalami kesulitan namun hal ini belum merata ke semua dimensi dan aspek-aspeknya. Ada dimensi dan aspek yang kesulitannya lebih dari 53% seperti dimensi penilaian hasil belajar aspek penggunaan metode pembelajaran aspek eksplorasi tindak lanjut penilaian berkesinambungan dan berkelanjutan aspek ranah penilaian teknik penilaian dan pengolahan hasil penilaian. Dilihat dari dimensi perencanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran guru ekonomi SMA Negeri se-Kota Blitar tidak mengalami kesulitan (40 74% untuk perencanaan proses pembelajaran 47 92% untuk pelaksanaan proses pembelajaran). Dilihat dari dimensi penilaian guru ekonomi SMA Negeri se-Kota Blitar masih cukup mengalami kesulitan (tingkat kesulitannya 55 33%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38762

Actions (login required)

View Item View Item