Persepsi guru tentang standar isi dan implementasi pembelajaran ekonomi (Penelitian pada SMA Negeri di kota Nganjuk) / Sri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang standar isi dan implementasi pembelajaran ekonomi (Penelitian pada SMA Negeri di kota Nganjuk) / Sri Rahayu

Rahayu, Sri (2010) Persepsi guru tentang standar isi dan implementasi pembelajaran ekonomi (Penelitian pada SMA Negeri di kota Nganjuk) / Sri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Sri. 2010. Persepsi Guru tentang Standar Isi dan Implementasi Pembelajaran Ekonomi (Penelitian pada SMA Negeri di Kota Nganjuk). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (II) Drs.Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div ME. Kata Kunci Persepsi Guru Standar Isi Implementasi Pembelajaran Ekonomi Pencapaian keberhasilan pembelajaran ekonomi dapat dilihat dari salah satu aspek yaitu bagaimana persepsi guru tentang perubahan standar pendidikan yang ada. Keadaan awal yang berbeda antara persepsi guru yang satu dengan persepsi guru yang lain tentang Standar Isi mata pelajaran ekonomi maka dipandang perlu untuk meneliti perbedaan persepsi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu ingin menemukan hal yang membuat persepsi guru berbeda antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana persepsi mereka mengimplementasi Standar Isi mata pelajaran ekonomi dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada tanggal 30 November sampai 30 Desember 2009. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri di Kota Nganjuk. Analisis data secara deskriptif digambarkan dengan bantuan program microsoft office excel 2007 dengan teknik radar yang menggambarkan skala masing-masing nomor soal tiap responden serta persentase tiap responden dari perolehan skor total. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara guru yang satu dengan guru yang lain hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sosialisasi Standar Isi yang tidak serentak sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga kurang maksimal dalam mengimplementasikan Standar Isi serta kurang adanya supervisi dari Kepala Sekolah dalam penerapan Standar Isi. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu secara umum persepsi guru tentang Standar Nasional Pendidikan yang meliputi Standar Isi Standar Proses dan Standar Penilaian berada pada kriteria cukup baik. Implementasi pembelajaran ekonomi berdasarkan persepsi guru tentang Standar Nasional Pendidikan berada pada kriteria cukup baik pula. Saran dari penelitian ini (1) Bagi guru ekonomi diharapkan mampu meningkatkan pemahamannya tentang Standar Nasional Pendidikan (2) Bagi pihak jurusan agar mengadakan seminar tentang Standar Nasional Pendidikan kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi agar semua mahasiswa tahu tentang kebaradaan Standar Nasional Pendidikan dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (3) Bagi Kepala Sekolah sebagai supervisi dalam pengawasan pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan diharapkan dapat lebih aktif lagi dan dapat meyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam implementasi Standar Nasional Pendidikan (4) Bagi calon peneliti perlu menambahkan fokus subyek penelitian pada siswa sehingga diperoleh data hasil dari pihak guru dan juga siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38761

Actions (login required)

View Item View Item