Renandya, Wilis Dian (2010) Evaluasi profesionalitas guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di SMP /SMA/SMK se-kecamatan Turen kabupaten Mlang / Wilis Dian Renandya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dian Renandya Wilis. 2010. Evaluasi Profesionalitas Guru Ekonomi Yang Telah Lulus Program Sertifikasi Guru Di SMP/SMA/SMK Se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M. Si (2) Dr. Imam Mukhlis S.E M.Si. Kata Kunci Profesionalitas Guru Sertifikasi Guru. Guru merupakan komponen yang paling menetukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan sehingga mereka harus mendapatkan perhatian yang utama. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik terutama dalam kaitannya dalam proses belajar mengajar. Perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru dan berujung pada guru pula. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dinyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan persyaratan memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau Diploma IV yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru sehingga pembelajaran di sekolah juga akan berkualitas. Peningkatan mutu dan peningkatan kesejahteraan guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan melalui sebuah kinerja guru yang baik. Sertifikasi guru hanya diberikan kepada guru yang sudah menjalani proses penilaian tingkat profesionalitas yang dimiliki guru. Dengan adanya pemberian kesejahteraan yang diberikan pemerintah kepada guru yang profesional maka diharapkan adanya keseimbangan usaha untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Kompetensi yang dimiliki guru akan berdampak pula terhadap kinerja guru untuk menambah kualitas pendidikan. Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen profesionalitas guru dapat dilihat dari kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yang meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang harus dilakukan secara obyektif sesuai dengan tujuan untuk menciptakan kinerja yang baik. Sehingga dengan dilakukannya program sertifikasi dan uji kompetensi yang baik dan tepat maka diharapkan adanya peningkatan kinerja secara terus menerus dan tetap memenuhi syarat profesional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel profesionalitas guru dan variabel program pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di SMP/SMA/SMK se- Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Responden dalam i ii penelitian ini adalah guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru kepala sekolah dan siswa dari guru yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 guru ekonomi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket/kuesioner tertutup dan lembar observasi guru oleh peneliti. Analisis data yang digunakan untuk menguji adalah dengan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat profesionalitas guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di SMP/SMA/SMK se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang dinyatakan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket dengan masing-masing sub variabel. Dimana dalam variabel profesionalitas guru dengan empat sub variabelnya didapatkan 46 7% guru memiliki tingkat kompetensi pedagogik baik 46 7 % guru memiliki tingkat kompetensi kepribadian baik 53 3% guru memiliki tingkat kompetensi sosial baik 46 7 % guru memiliki tingkat kompetensi profesional cukup baik. Sedangkan untuk variabel program pembelajaran guru dalam tiga sub variabelnya didapatkan 53 3 % guru memiliki perencanaan pembelajaran baik 53 3 % guru memiliki pelaksanaan pembelajaran baik dan 66 7 % guru memiliki evaluasi pembelajaran baik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan para guru ekonomi yang telah lulus program sertifikasi guru di SMP/SMA/SMK se-Kecamatan Turen Kabupaten Malang dapat mempertahankan dan meningkatkan profesionalitas guru dan program pembelajarannya dalam dunia pendidikan. Sehingga tujuan program sertifikasi untuk menentukan kelayakan guru dalam menjalankan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan baik. Berbagi program untuk meningkatkan tingkat profesionalitas guru dan program pembelajaran yang baik hendaknya tidak berhenti begitu saja setelah sertifikat pendidik didapatkan melainkan tetap membekali diri dengan berbagai program peningkatan kualitas pendidikan seperti pelatihan dan seminar yang bermanfaat untuk menambah wawasan di dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38758 |
Actions (login required)
View Item |