Arvianti, Riska Silvia (2010) Sikap siswa tentang pengaruh pemanfaaatan bantuan operasional sekolah ( BOS ) terhadap prestasi belajar siswa ( Studi pada siswa kelas VIII dan IX SMP negeri 1 Ponorogo ) Riska Silvia Arvianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arvianti Rizka Silvia. 2009. Sikap Siswa Tentang Pengaruh Pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi Pada Siswa Kelas VIII Dan IX Di SMP Negeri 1 Ponorogo ). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan S1 Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo SE.M.Pd Ak (II) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata kunci Sikap siwa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Prestasi Belajar Siswa Sikap merupakan suatu perasaan mendukung atau tidak mendukung atau suatu perasaan menerima atau tidak menerima sesuatu. Perasan ini nantinya akan membentuk seseorang untuk bertindak sesuatu. cara pembentukan sikap seseorang terhadap suatu obyek yaitu (1) terbentuknya sikap untuk memenuhi kebutuhan (2) terbentuknya sikap karena informasi yang diterima (3) sikap terbentuk karena individu sebagai anggota kelompok dan (4) sikap terbentuk karena kepribadian. Untuk memenuhi suatu kebutuhan individu terhadap obyek tertentu maka kecenderungan individu akan bersikap positif terhadap obyek tersebut. demikian sebaliknya apabila individu tidak membutuhkan obyek tersebut individu akan lebih bersikap acuh dan tidak peduli. BOS merupakan instrumen untuk mempercepat penuntasan wajib belajar 9 tahun. Dengan adanya BOS diharapkan tidak boleh ada siswa miskin yang yang putus sekolah karena tidak mampu membayar iuran atau pungutan dari sekolah. BOS harus menjadi sarana penting untuk meningkatkan pemberdayaan sekolah dalam rangka peningkatan akses mutu dan manajemen sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sikap siswa tentang pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap Prestasi Belajar Siswa Rancangan penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif korelasional. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket tertutup dengan teknik random sanpling yaitu cara memperoleh data tersebut dengan acak dengan tidak menggunakan perencanaan tertentu yang diambil pada SMPN 1 Ponorogo. Dan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis chil square yaitu menganalisissikap siswa tentang pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) terhadap prestasi belajar siswa SMPN 1 Ponorogo. Hasil penelitian bahwa sikap siswa tentang pemanfaatan BOS cukup baik Dari analisis chil square terdapat pengaruh antara sikap siswa tentang pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) terhadap prestasi belajar siswa. Dana BOS memang memberikan kemudahan untuk mendapatkan akses terpenuhinya kebutuhan dalam pendidikan tetapi tidak menjadi faktor yang menentukan terhadap peningkatan prestasi belajar. Prestasi belajar siswa tidak akan meningkat jika hanya mendapatkan dana BOS saja tetapi juga terdapat faktor faktor penunjang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38756 |
Actions (login required)
View Item |