Efektivitas metode STAD (Student team Achievement Division) dalam menumbuhkan perilaku dan hasil belajar positif pada mata pelajaran ekonomi ( Studi kasus di SMA negeri 2 Sidoarjo ) / Ester Linawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode STAD (Student team Achievement Division) dalam menumbuhkan perilaku dan hasil belajar positif pada mata pelajaran ekonomi ( Studi kasus di SMA negeri 2 Sidoarjo ) / Ester Linawati

Linawati, Ester (2010) Efektivitas metode STAD (Student team Achievement Division) dalam menumbuhkan perilaku dan hasil belajar positif pada mata pelajaran ekonomi ( Studi kasus di SMA negeri 2 Sidoarjo ) / Ester Linawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Linawati Ester. 2009. Efektivitas Metode STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Menumbuhkan Perilaku dan Hasil Belajar Positif Pada Matapelajaran Ekonomi(Studi kasus di SMA Negeri 2 Sidoarjo). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.J.G Nirbito M.Pd (II) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Efektivitas Metode STAD Perilaku Positif Hasil Belajar Positif Matapelajaran Ekonomi. Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan tuntutan dalam dunia pendidikan sering berubah dengan bertambahnya kemajuan di berbagai bidang. Oleh karena itu diperlukannya fungsi sekolah sebagai tempat/ lingkungan pendidikan formal untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas agar dapat meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dalam proses belajar mengajar yang efektif yaitu dengan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Dan strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kooperatif dimana merupakan suatu moetode pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa dapat lebih aktif dan salah satu model yang dapat diterapkan adalah model STAD. Karena model STAD merupakan pendekatan yang paling sederhana dalam pembelajaran kooperatif dan sangat baik untuk dilaksanakan karena siswa dapat saling bekerjasama dan saling tolong menolong menyelesaikan tugas dengan diskusi dan termotivasi karena adanya penghargaan. Hal ini dapat cocok dilaksanakan pada siswa kelas X-2 SMAN 2 Sidoarjo yang diketahui perilaku dalam proses belajar mengajar masih dirasa negatif karena masih banyak siswa yang ramai kurang berani berpendapat sehingga mengakibatkan hasil belajar rendah dan guru mata pelajaran masih cenderung menggunakan metode konvensional dalam mengajar sehingga dengan metode STAD nantinya dapat meningkatkan perilaku dan hasil belajar positif pada matapelajaranekonomi. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan juga menggunakan Penelitian Tindakan Kelas untuk memberikan perlakuan berupa penerapan metode STAD. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa X-2 SMA Negeri 2 Sidoarjo yang berjumlah 36 siswa dengan materi permasalahan ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar lembar observasi catatan lapangan angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode STAD (Student Team Achievement Division). Secara umum dapat meningkatkan perilaku dan hasil belajar positif ekonomi siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Sidoarjo. Aspek perilaku secara klasikal mengalami peningkatan persentase yaitu pada aspek minat dari siklus I sebesar 74 31% meningkat menjadi 79 17% pada siklus II aspek perhatian dari siklus I sebesar 68 75% meningkat menjadi 82 63% pada i ii siklus II aspek konsentrasi dari siklus I sebesar 69 44% meningkat menjadi 81 48% pada siklus II dan aspek ketekunan dari siklus I sebesar 62 22% meningkat menjadi 78 33% pada siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 88 89% pada siklus II. Metode STAD yang mempunyai 5 tahapan yaitu penyampaian materi diskusi tes pemberian poin peningkatan dan penghargaan dilaksanakan dengan baik oleh guru sehingga siswa tidak bosan dan jenuh dan dapat menumbuhkan perilaku dan hasil belajar positif siswa pada matapelajaran ekonomi yang dapat dilihat dari profiil perilaku dan hasil belajar positif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode STAD (Student Team Achievement Division) dapat menumbuhkan perilaku positif yang dilihat dari peningkatan aspek perilaku secara klasikal yaitu pada aspek minat sebesar 4 86% aspek perhatian sebesar 13 88% aspek konsentrasi sebesar 12 04% dan aspek ketekunan sebesar 16 11%. Serta meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 13 89%. Saran dari penelitian ini adalah kepada guru hendaknya menerapkan setiap tahapan pada STAD secara inovatif agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar juga meningkat kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui perbedaan keberhasilan pembelajaran kooperatif STAD dan lebih mengkoordinasikan kelas dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38754

Actions (login required)

View Item View Item