Pengaruh standar kelulusan minimum UN dan fasilitas beljar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2009/2010 / Moh. Hari Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh standar kelulusan minimum UN dan fasilitas beljar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2009/2010 / Moh. Hari Santoso

Santoso, Moh. Hari (2010) Pengaruh standar kelulusan minimum UN dan fasilitas beljar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2009/2010 / Moh. Hari Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Moh. Hari. 2009. Pengaruh Standar Kelulusan Minimum UN dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Singosari Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Mardono M.Si (2) Farida Rahmawati SE.ME. Kata Kunci Standar Kelulusan Minimum UN Fasilitas Belajar Prestasi Belajar. Untuk mengontrol kualitas pendidikan di Indonesia menetapkan beberapa kebijakan salah satunya kebijakan mengenai evaluasi tahap akhir belajar atau disebutUjian Nasional. Salah satu komponen yang tidak bisa lepas dari kegiatan belajar-mengajar adalah fasilitas belajar. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai akan sangat menunjang prestasi belajar siswa. Sehingga dapat dikatakan tingginya niali standar kelulusan minimum Ujian Nasional akan menjadi acuan motivasi bagi siswa untuk lebih meningkatkan prestasinya serta dengan semakin lengkapnya fasilitas belajar hal itu juga akan mendukung keberhailan siswa dalam belajar. Berdasarkan paparan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh standar kelulusan minimum UN dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari. Berdasarkan hal tersebut di atas penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimakah tingkat Standar Kelulusan Minimum Ujian Nasional pada siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singosari (2) Bagaimanakah tingkat fasilitas belajar siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singosari (3) Seberapa besar pengaruh Standar Kelulusan Minimum UN dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singosari Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singosari dengan populasi seluruh siswa kelas XII IPS yang berjumlah sebanyak 97 siswa dan terbagi menjadi 3 kelas. Instrument yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Standar Kelulusan Minimum UN pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 47% atau sebanyak 46 responden yang mendukung SKM UN ini (2) Fasilitas belajar pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari berada dalam kategori tinggi hal ini terbukti dari 97 responden yabg diteliti terdapat 44 responden dengan persentase sebesar 45% yang memiliki tingkat klasifikasi tinggi (3) Prestasi Belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari berada dalam kategori cukup hal ini terbukti dari 97 responden sebanyak 46 responden atau sebesar 47% memiliki tingkat klasifikasi cukup (4) Secara parsial ada pengaruh standar kelulusan minimum UN terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singosari yaitu sebesar 87.7% (5) Secara parsial ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singosari yaitu sebesar 63.9% (6) Secara simultan ada pengaruh standar kelulusan minimum UN ii dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singosari yaitu sebesar 75.3%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah standar kelulusan minimum UN dan fasilitas belajar baik disekolah maupun dirumah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Singosari. Saran dalam penelitian ini antara lain (1) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk terus meningkatkan dan meyediakan fasilitas belajar yang akan membentu mempermudah siswa dalam mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran (2) Bagi pihak siswa hendaknya kenaikan nilai standar kelulusan minimum UN hendaknya di jadikan acuan untuk meningkatkan prestasi belajarnya (3) Bagi pihak pemerintah diharapkan lebih meningkatkan dan memperhatikan mutu pendidikan peningakatan mutu pendidikan tidak hanya dilakukan dengan cara menaikkan nilai standar kelulusan minimum UN tiap tahunnya tetapi harus juga memperhatikan dampak dari kebijakan ujian nasional tersebut agar tidak terjadi polemik di dunia pendidikan khususnya mengenai ujian nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38750

Actions (login required)

View Item View Item