Pengaruh pembelajaran sistem modul terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 21 Malang / Oktavianti Dilla Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran sistem modul terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 21 Malang / Oktavianti Dilla Saputri

Saputri, Oktavianti Dilla (2010) Pengaruh pembelajaran sistem modul terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 21 Malang / Oktavianti Dilla Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dilla Saputri Oktavianti. 2009. Pengaruh Pembelajaran Sistem Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.S. (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. Kata kunci Pembelajaran Sistem Modul Ekonomi Hasil Belajar. Dunia pendidikan merupakan jalur yang tepat untuk membentuk dan membekali sumber daya manusia (SDM) agar mampu berpikir logis kreatif dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Untuk menjawab tantangan tersebut peneliti mencari solusi dengan mencoba menerapkan metode pembelajaran sistem modul. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 21 Malang tahun ajaran 2009/2010 sedangkan sampelnya kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental / eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonrandominzed control group pretest-postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek kognitif pada tes kemampuan akhir (postest) antara yang menggunakan pembelajaran sistem modul dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional terbukti dari hasil uji t yang menunjukkan thitung 4 816 ttabel 1 98. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai rata-rata kedua kelas pada saat tes kemampuan akhir (postest). Rata-rata kelas VII B (kelas eksperimen) yang diajar dengan menggunakan pembelajaran sistem modul lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas VII F (kelas kontrol) yang menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata siswa kelas VII F (kelas kontrol) adalah 71 42 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas VII B (kelas eksperimen) adalah 82 14. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa juga diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38741

Actions (login required)

View Item View Item