Manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religi (studi multi situs di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang)/ Sheila Fransisca Fortunata

Fortunata, Sheila Fransisca (2018) Manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religi (studi multi situs di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang)/ Sheila Fransisca Fortunata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fortunata, S.F. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religi: Studi Multi Situs di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang/ Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos., M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Juharyanto, M.Pd., M.M. Kata Kunci: Manajemen pendidikan karakter, budaya religi. Pendidikan karakter merupakan segala sesuatu yang dilakukan sekolah dan seluruh warga sekolah yang terlibat untuk mempengaruhi karakter peserta didik. Banyak sekolah dasar yang sudah menerapkan pendidikan karakter, namun terdapat sekolah yang menerapkan pendidikan karakter untuk membentuk karakter peserta didiknya melalui budaya religi, yaitu SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang. Kedua sekolah ini yang notabene adalah sekolah umum yang memiliki peserta didik dengan agama yang berbeda-beda tetapi menerapkan budaya religi untuk membentuk karakter peserta didiknya. Berdasarkan informasi tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religi. Fokus penelitian manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religi tersebut yaitu (1) perencanaan pendidikan karakter berbasis budaya religi; (2) pengorganisasian pendidikan karakter berbasis budaya religi; (3) pelaksanaan pendidikan karakter berbasis budaya religi; dan (4) evaluasi pendidikan karakter berbasis budaya religi. Penelitian ini dilakukan di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, analisis lintas situs dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pengecekan anggota. Hasil dan temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan berbasis budaya religi di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan di SDN Purwodadi 1 Malang meliputi tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun perencanaan yang dilakukan itu melalui workshop dengan guru-guru, menyusun program sekolah, sosialisasi kepada wali murid. Perencanaan pendidikan karakter berbasis budaya religi ini mencerminkan nilai percaya diri dan kejujuran sebagai dasar dalam merencanakan kegiatan dan program pendidikan karakter berbasis budaya religi. Pengorganisasian yang dilakukan dengan membentuk tim khusus untuk pengembang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta mendeksripsikan tugas masing-masing tim dan menerbitkan Surat Keputusan (SK). Pemilihan tim dan pembagian kerja yang dilakukan sekolah telah disetujui oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah mencerminkan nilai kepercayaan kepala sekolah terhadap seluruh guru dan karyawannya untuk menjadi bagian dari pembentukkan karakter peserta didiknya. Pelaksanaan yang dilakukan untuk membentuk karakter peserta didik melalui budaya religi ini nilai kedisiplinan yangii tercermin dari ketepatan waktu, nilai kesabaran yang tercermin saat peserta didik melakukan wudlu sebelum melakukan sholat, dan nilai toleransi yang ditanamkan kepada peserta didik. Evaluasi yang dilakukan untuk mendukung pendidikan karakter berbasis budaya religi ini dilakukan melalui rapat serta melakukan perbaikanperbaikan dan strategi dari kepala sekolah untuk menanggulangi hambatan-hambatan yang dialami. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang diharapkan dapat dijadikan kebijakan untuk penerapan program PPK di sekolah; (2) Kepala SDN Rampal Celaket 2 Malang diharapkan dapat memberikan bantuan supervisi terhadap kegiatan manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religi yang dilakukan sehingga dapat memudahkan proses evaluasi dari hambatan dan masalah-masalah yang dihadapi; (3) Kepala SDN Purwodadi 1 Malang, dokumen-dokumen yang diperlukan untuk manajemen pendidikan karakter berbasis budaya religi ini dilengkapi guna mempermudah pengarsipan data untuk akreditasi; (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menambah kajian tentang pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah; (5) peneliti lain, diharapkan penelitian ini dijadikan bahan referensi dan dikembangkan untuk penelitian selanjutnya terkait dengan manajemen pendidikan karakter dengan konteks lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item