Pengaruh sarana dan prasarana belajar pada kelas RSBI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare Kediri (STudi pada mata pelajaran IPS) / Putri Nurrindra Purwidian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sarana dan prasarana belajar pada kelas RSBI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare Kediri (STudi pada mata pelajaran IPS) / Putri Nurrindra Purwidian

Purwidian, Putri Nurrindra (2010) Pengaruh sarana dan prasarana belajar pada kelas RSBI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare Kediri (STudi pada mata pelajaran IPS) / Putri Nurrindra Purwidian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwidian Putri Nurrindra. 2010. Pengaruh Sarana Dan prasarana Belajar Pada Kelas RSBI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pare Kediri (Studi Pada Mata Pelajaran IPS). (1). Drs. Mardono M.Si. (2). Dra. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Sarana dan Prasarana Belajar Prestasi Belajar. Dalam suatu proses belajar mengajar sarana dan prasarana belajar merupakan salah satu penunjang suatu proses belajar mengajar. Seorang siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan adanya dorongan tertentu agar kegiatan belajarnya dapat menghasilkan prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang maksimal tentunya perlu diperhatikan berbagai faktor yang membangkitkan para siswa untuk belajar dengan efektif. Hal tersebut dapat ditingkatkan apabila ada sarana penunjang yaitu faktor sarana dan prasarana belajar dan dapat memanfaatkannya dengan tepat dan seoptimal mungkin. Dalam hal ini usaha-usaha yang dilakukan SMP Negeri 2 pare dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana belajar yang dimiliki terutama pada kelas RSBI yaitu dengan cara penataan ruang kelas yang lebih nyaman pengadaan media pembelajaran yang lebih lengkap pembenahan fasilitas perpustakaan dan lebih melengkapi koleksi buku-buku pelajaran yang dibutuhkan siswa serta penyediaan sarana internet gratis. Penelitian pendidikan dalam skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1). Kondisi sarana dan prasarana belajar (ruang kelas media pembelajaran perpustakaan dan laboratorium komputer) di SMP Negeri 2 Pare. (2). Prestasi belajar siswa kelas VIII RSBI tahun ajaran 2009/2010 di SMP Negeri 2 Pare pada mata pelajaran IPS. (3). Pengaruh adanya sarana dan prasarana belajar (ruang kelas media pembelajaran perpustakaan dan laboratorium komputer) di SMP Negeri 2 Pare terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII RSBI tahun ajaran 2009/2010 pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII RSBI SMP Negeri 2 Pare yang berjumlah 48 siswa semua siswa dijadikan responden sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif yang digunakan untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana belajar pada kelas RSBI SMP Negeri 2 Pare dan keadaan prestasi belajar IPS kelas VIII RSBI di SMP Negeri 2 Pare. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana yaitu digunakan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII RSBI di SMP Negeri 2 Pare secara parsial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Keadaan ruang kelas RSBI di SMP Negeri 2 Pare tergolong dalam kategori baik yang dinyatakan oleh 60 42 % siswa. (2). Keadaan media pembelajaran pada kelas RSBI di SMP Negeri 2 Pare tergolong dalam kategori baik yang dinyatakan oleh 39 58 % siswa. i ii (3). Keadaan perpustakaan di SMP Negeri 2 Pare tergolong dalam kategori baik yang dinyatakan oleh 56 25 % siswa. (4)Keadaan laboratorium komputer di SMP Negeri 2 Pare tergolong dalam kategori sangat baik yang dinyatakan oleh 60 42 % siswa. (5). Keadaan sarana dan prasarana belajar secara umum pada kelas RSBI di SMP Negeri 2 Pare tergolong dalam kategori sangat baik yang dinyatakan oleh 47 92 % siswa. (6). Prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII RSBI SMP Negeri 2 Pare tergolong dalam kategori sangat baik yang diperoleh dari 56 25 % siswa dimana masing-masing siswa memperoleh nilai antara 83 sampai dengan 91. (7). Sarana dan prasarana belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII RSBI SMP Negeri 2 Pare hal ini terbukti dari signifikansi 0 000 0 05. Nilai R square adalah sebesar 0 935. Hal ini berarti 93 5 % perubahan variabel prestasi belajar disebabkan oleh perubahan variabel sarana dan prasarana belajar sedangkan sisanya sebesar 6 5 % disebabkan oleh variabel bebas lainnya. Hal ini disebabkan karena belajar adalah suatu proses yang komplek sehingga dipengaruhi oleh banyak faktor sedangkan yang diteliti dalam penelitian ini hanya satu variabel bebas yaitu sarana dan prasarana belajar. Kepada pihak sekolah hendaknya selalu memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana belajar yang ada terutama sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran secara langsung seperti ruang kelas apabila terdapat ketidak layakan perlengkapan yang ada di kelas hendaknya untuk segera diganti atau diperbaiki. Apabila media pembelajaran sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya hendaknya untuk segera diperbaiki. Koleksi buku-buku di perpustakaan hendaknya selalu ditambah sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Peralatan yang ada di laboratorium komputert hendaknya selalu dijaga atau dirawat agar bias digunakan sebagaimana mestinya karena sarana dan prasarana belajar tersebut sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kepada para guru hendaknya dapat memanfaatkan sarana dan prasarana belajar yang telah disediakan oleh sekolah secara optimal dalam setiap proses belajar mengajar. Kepada para siswa hendaknya dapat ikut serta meningkatkan pemanfaatan penggunaan sarana dan prasarana belajar yang tersedia dengan semaksimal mungkin dan ikut serta menjaga sarana dan prasarana belajar yang telah ada dengan tidak merusak atau menggunakannya secara sembarangan. Kepada para peneliti yang bermaksud mengadakan penelitian yang berkaitan dengan topik atau tema penelitian ini maka hendaknya menambah variabel yang akan diteliti karena ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya faktor internal yang meliputi faktor jasmani dan faktor psikologi. Sedangkan untuk faktor eksternal meliputi faktor keadaan lembaga sekolah faktor lingkungan keluarga dan masyarakat serta faktor sarana dan prasarana belajar yang telah diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38739

Actions (login required)

View Item View Item