Profesionalisme guru ekonomi bersertifikat pendidik dalam jabatan tahun 2008 di SMAN Kota Malang / Emma Yunika Puspasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesionalisme guru ekonomi bersertifikat pendidik dalam jabatan tahun 2008 di SMAN Kota Malang / Emma Yunika Puspasari

Puspasari, Emma Yunika (2010) Profesionalisme guru ekonomi bersertifikat pendidik dalam jabatan tahun 2008 di SMAN Kota Malang / Emma Yunika Puspasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspasari Emma Yunika. 2009. Profesionalisme Guru Ekonomi Bersertifikat Pendidik Dalam Jabatan Tahun 2008 di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd (2) Agus Sumanto S.E M.Sa. Kata Kunci Profesionalisme guru Sertifikasi Peningkatan kualitas guru dirancang secara sistematis dan berjangka panjang dimulai dari regulasi dengan diundangkannya UU NO. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Terbitnya UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) ditengarai oleh sebagian besar kalangan sebagai pertanda keseriusan pemerintah dalam menanggapi aspirasi pendidik akan peningkatan kesejahteraan mereka. Pada akhirnya UUGD menjadi landasan hukum sebuah kebijakan pendidikan yang begitu populer saat ini yaitu kebijakan sertifikasi pendidik. Menurut PP RI No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 28 pendidik adalah agen pembelajaran yang harus memiliki empat jenis kompetensi yakni kompetensi pedagogik kepribadian profesional dan sosial. Pemenuhan keempat kompetensi tersebut dibuktikan dengan sertifikat pendidik melalui uji sertifikasi guru. Dengan ditetapkannya guru sebagai jabatan professional maka guru dituntut memiliki kompetensi tertentu yang terukur dan teruji melalui prosedur tertentu. Dalam UU No. 14 Tahun 2005 pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa sebagai pendidik profesional guru mempunyai tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan keadaan di lapangan tentang profesionalisme guru ekonomi yang bersertifikat pendidik di SMA Negeri Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di SMAN Kota Malang dengan jumlah guru ekonomi yang lulus sertifikasi dalam jabatan tahun 2008 sebanyak 10 orang.Dalam penelitian ini dideskripsikan bagaimana profesionalisme guru ekonomi dilihat dari segi kinerja dan kompetensi guru yang telah lulus program uji sertifikasi untuk mencapai tujuan menggunakan instrumen penelitian yaitu studi dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi profesinalisme guru ekonomi yang lulus sertifikasi dalam jabatan tahun 2008 di Kota Malang adalah sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa masing-masing sub kompetensi yaitu 70% guru memiliki kompetensi kepribadian sangat baik 80% guru memiliki kompetensi sosial sangat baik 90% memiliki kompetensi pedagogik sangat baik 80% guru memiliki kompetensi profesional yang baik sedangkan untuk kinerja guru ekonomi yang lulus sertifikasi dalam jabatan tahun 2008 di SMAN Kota Malang adalah sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menyatakan bahwa masing-masing sub variabel kinerja guru yaitu 80% guru memiliki tingkat kinerja pada penyusunan program pembelajaran yang sangat baik 60% guru menerapkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan sangat baik 80% guru memiliki tingkat kinerja dalam melaksanakan analisis evaluasi pembelajaran dengan baik 60% guru memiliki tingkat kinerja dalam pelaksanaan perbaikan dan pengayaan dengan sangat baik 70% guru memiliki tingkat kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru ekonomi bersertifikat pendidik dalam jabatan tahun 2008 di SMAN Kota Malang untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi profesionalisme serta kinerja guru dalam dunia kependidikan untuk menciptakan kelayakan guru sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38737

Actions (login required)

View Item View Item