Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS / Ratih Widhita Afrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS / Ratih Widhita Afrianti

Afrianti, Ratih Widhita (2010) Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS / Ratih Widhita Afrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afrianti Ratih Widhita. 2010. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si pembimbing (II) Agus Sumanto S. E. M. SA. Kata kunci minat motivasi hasil belajar. Dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa disamping pemilihan input juga terdapat faktor lain yang ikut menentukan antara yang disebut sebagai faktor ekstern dan faktor intern siswa. Faktor ekstern siswa meliputi sarana prasarana sekolah pengajar proses belajar dan faktor lain yang berasal dari lingkungan keluarga. Sedangkan faktor intern meliputi kesehatan intelegensi bakat minat motivasi dan sebagainya. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Sementara itu motivasi merupakan faktor untuk menimbulkan mendasari dan mengarahkan perbuatan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS 3) Untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan berpengaruh antara minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS 4) Untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang yaitu 249 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling yaitu sampel yang diambil secara acak dari setiap kelompok populasi dan jumlah dari setiap kelompok harus seimbang. Jadi sampel diambil 25% dari setiap kelas dan totalnya 63 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data penelitian adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi berasal dari nilai ulangan harian siswa. Pernyataan yang dijabarkan dalam angket terdiri dari 10 pernyataan pada setiap variabel yang kemudian disebarkan pada siswa. Analisis hasil penelitian yang digunakan antara lain teknik analisis deskriptif uji validitas dan reliabilitas instrumen uji asumsi klasik analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS minat belajar adalah variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajaran IPS terdapat pengaruh secara simultan minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada mata pelajara IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil Sig-t pada variabel minat belajar yaitu 0 000 dan variabel motivasi belajar yaitu 0 017 hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel (minat dan motivasi belajar) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa besarnya koefisien determinan variabel minat belajar yaitu (0 435)2 0 189 dan variabel motivasi belajar yaitu (0 303)2 0 092 hal tersebut menunjukkan bahwa variabel minat belajar adalah yang lebih dominan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan berdasarkan nilai R square sebesar 0 399 memiliki arti bahwa 39 9% disebabkan oleh perubahan variabel X1 (minat belajar) dan variabel X2 (motivasi belajar) sedangkan sisanya sebesar 60 1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Dari hasil penelitian ini saran penulis adalah 1) bagi SMP Negeri 21 Malang sehubungan dengan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa hendaknya lebih mempertimbangkan dalam menentukan kebijaksanaan sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu belajar mengajar dan hasil belajar siswa 2) bagi guru bidang studi IPS hendaknya dapat memanfaatkan dorongan rasa ingin tahu siswa yang bersifat alamiah dengan cara menyajikan materi yang cocok bermanfaat bagi siswa 3) bagi siswa hendaknya dapat memanfaatkan gambaran yang diperoleh mengenai pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar 4) bagi peneliti selanjutnya hendaknya penelitian selanjutnya menggunakan variabel yang lebih banyak daripada menggunakan variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu minat motivasi dan hasil belajar siswa sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38734

Actions (login required)

View Item View Item