Penerapan model cooperatif learning tipe stad yang dimodifikasi untuk meningkatkan life skills dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS-2 SMA Negeri 5 Malang / Angga Wika Puji Aizza - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperatif learning tipe stad yang dimodifikasi untuk meningkatkan life skills dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS-2 SMA Negeri 5 Malang / Angga Wika Puji Aizza

Arizza, Angga Wika Puji (2010) Penerapan model cooperatif learning tipe stad yang dimodifikasi untuk meningkatkan life skills dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS-2 SMA Negeri 5 Malang / Angga Wika Puji Aizza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arizza Angga Wika Puji. 2010. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Life Skills dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata kunci STAD (Student Teams Achievement Divisions) Life Skills Motivasi Belajar. Pendidikan di Indonesia selama ini berjalan dengan verbalistik dan berorientasi sematamata kepada mata pelajaran. Hal ini dapat terlihat dari kegiatan belajar mengajar yang di lakukan umumnya hanya mengacu pada teori. Dimana keterkaitan materi ajar dengan kehidupan seharihari dan kegunaan materi ajar untuk memecahkan problema kehidupan kurang mendapat perhatian. Pendidikan seakan terlepas dari kehidupan seharihari sehingga siswa tidak mengetahui manfaat apa yang dipelajari dan bagaimana menggunakan apa yang telah dipelajari untuk kehidupan seharihari yang dihadapinya. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan Life Skills siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan penerapan model Cooperatif Learning tipe STAD yang Dimodifikasi pada siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Malang. (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar ekonomi siswa dengan penerapkan model Cooperatif Learning tipe STAD yang Dimodifikasi pada siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Malang. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Alat pengumpulan data menggunakan Soal tes lembar observasi lembar catatan lapangan angket dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2009/2010. Kecakapan Hidup yang meliputi beberapa aspek pada Siklus I dapat diketahui bahwa persentase keberhasilan untuk aspek kecakapan berfikir dan bernalar adalah sebesar 48.52 % aspek kecakapan komunikasi sebesar 59.80 % Aspek kecakapan bekerjasama sebesar 54.90 %. Kecakapan akademikHasil belajar kognitif pada siklus I persentase siswa yang Tuntas sebesar 35.3 % dan pada Hasil Belajar afektif siklus I dapat di ketahui persentase keberhasilan untuk aspek bekerjasama dalam kelompok adalah sebesar 59.80 % aspek penghargaan dalam menghargai pendapat orang lain sebesar 63.72 % dan aspek keberanian dalam bertanya atau menjawab pertanyaan persentase keberhasilannya sebesar 62.74 %. Dan Kecakapan Hidup pada Siklus II meningkat menjadi persentase keberhasilan untuk aspek kecakapan berfikir dan bernalar adalah sebesar 77.94 % aspek kecakapan komunikasi sebesar 83.33 % Aspek kecakapan bekerjasama sebesar 80.39 %. Kecakapan akademikHasil belajar kognitif pada siklus II persentase siswa yang Tuntas meningkat menjadi 94.1 % dan pada Hasil Belajar afektif siklus II dapat di ketahui peningkatan persentase keberhasilan untuk aspek bekerjasama dalam kelompok meningkat menjadi 73.53 % aspek penghargaan Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com ii dalam menghargai pendapat orang lain meningkat menjadi 79.41 % dan aspek keberanian dalam bertanya atau menjawab pertanyaan persentase keberhasilannya meningkat menjadi 76.47 %. Sedangkan motivasi belajar ekonomi siswa juga mengalami peningkatan dimana siklus pertama ratarata sebesar 68% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92%. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penerapan modelCooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Problem Based Learning yaitu (1) Life Skills belajar ekonomi siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang Dimodifikasi dapat meningkat. (2) Motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang Dimodifikasi dapat meningkat . Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 5 Malang disarankan untuk mencoba menerapkan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang Dimodifikasi pada materi APBN APBD dan Sumbersumber Penerimaan Pemerintah Pusat dan Daerah dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang Dimodifikasi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38731

Actions (login required)

View Item View Item