Annisaa', Firda Rahma (2024) Analisis soal higher order thinking skills pada ujian akhir semester siswa tata busana yang menggunakan kurikulum merdeka di smkn 5 malang / FIRDA RAHMA ANNISAA\'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan penerapan soal-soal berbasis HOTS di SMKN 5 Malang masih sangat rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan pengamatan terkait penerapan jenis soal pada soal UAS Program Keahlian Tata Busana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis penggunaan pola pertanyaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada soal Ujian Akhir Semester dan untuk mengetahui persebaran tingkat kognitif soal Ujian Akhir Semester berdasarkan Taxonomy Bloom revisi Anderson dan Krathwohl. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan studi dokumenter. Populasi penelitian adalah guru-guru Tata Busana di SMKN 5 Malang. Sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu dengan mengambil keseluruhan populasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian dilihat dari pola pertanyaan HOTS terdapat 6 kategori pola HOTS yang digunakan dalam soal UAS seperti ldquo apa analisis terkait x rdquo ldquo bagaimana menjelaskan x rdquo ldquo dapatkah anda membandingkan bagian dari rdquo ldquo bagaimana anda menjelaskan x rdquo ldquo mengapa rdquo dan ldquo mendiskusikan pro dan kontra rdquo . Kategori penggunaan pola HOTS tertinggi terdapat pada pola ldquo apa analisis anda terkait x rdquo dengan total penggunaan yaitu 19 soal dengan persebaran 1 soal pada mapel DDB/X/1 1 soal mapel DDB/X/II 3 soal mapel PKDK/XI/I 6 soal mapel PKDK/XI/II dan 8 soal mapel P amp D/XI/I. Terdapat 4 kategori pola HOTS yang minim diaplikasikan pada soal UAS yaitu dengan pola ldquo mengapa rdquo ldquo mendiskusikan pro dan kontra rdquo ldquo apa yang dapat anda simpulkan rdquo dan ldquo apa kriteria yang anda gunakan rdquo . 4 pola tersebut hanya digunakan 1 kali dalam masing-masing mata pelajaran. Dilihat dari persebaran tingkat kognitif soal UAS didominasi pada tingkat kognitif non-HOTS (C1 C2 dan C3) total 139 soal. Sedangkan untuk kognitif HOTS (C4 C5 C6) total hanya 41 soal. Persebaran tertinggi non-HOTS yaitu pada tingkatan C1 (mengingat) 78 soal. Dan persebaran HOTS tertinggi yaitu pada tingkatan C4 (menganalisis) 48 soal. Dengan demikian terkait hasil analisis pola HOTS didapatkan data bahwa penggunaan dominasi pola yaitu ldquo apa analisis anda terkait x rdquo dengan total 19 soal dan terkait persebaran tingkat kognitif soal didominasi oleh tingkat kognitif non-HOTS (C1 C2 C3) dengan total 139 soal. Melihat hal tersebut terdapat saran bagi guru pembuat soal untuk melakukan evaluasi terkait variasi pengembangan kategori soal HOTS untuk menunjang kemampuan berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/387256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |