Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Kediri / M. Riza Rosihan Anwar

Anwar, M. Riza Rosihan (2010) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Kediri / M. Riza Rosihan Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar, M.Riza Rosihan. 2010. Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual dan Kecakapan Hidup (Life Skills) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 6 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universiras Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si, (II) Agus Sumanto, S.E., M.S.A. Kata kunci: pendekatan kontekstual, life skills, motivasi, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif. Melalui hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 6 Kediri, guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan Bapak Subeno (guru ekonomi kelas X) dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Guru juga belum pernah menggunakan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) dalam proses pembelajaran. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 masih berjalan secara konvensional. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) dalam mata pelajaran ekonomi. Dengan diterapkan pendekatan pembelajaran tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 6 Kediri melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui angket dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui post-test pada setiap akhir siklus dan lembar observasi pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan persentase motivasi sebesar 57,95 dengan kategori cukup. Motivasi belajar siswa pada siklus I mengalami kenaikan menjadi sebesar 67,86% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan menjadi 80,41% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan. Sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 58,75 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sekitar 25%, pada siklus I skor rata-rata meningkat menjadi 70,75 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebesar 52,5%, dan pada siklus II meningkat lagi dengan skor rata-rata 80,5 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sekitar 80%. Pada hasil belajar afektif siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 69,44%. Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar afektif naik menjadi 82,5%. Kecakapan hidup pada siklus I didapatkan persentase rata-rata nilai sebesar 66,25%. Pada siklus II, persentase rata-rata nilai juga mengalami peningkatan menjadi sebesar 85,5%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-7 SMA Negeri 6 Kediri. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu, (1) Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Kediri, diharapkan untuk menyelenggarakan diklat untuk para guru dengan tema mengenai pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) karena kecakapan tersebut sangat penting dibutuhkan para guru dan peserta didik dalam menghadapi persaingan di era globalisasi, (2) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 6 Kediri disarankan untuk mencoba menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, (3) Siswa SMA Negeri 6 Kediri khususnya kelas X-7 diharapkan lebih mengembangkan prestasi dan kecakapan hidup yang dimiliki agar semakin berguna bagi masa depan mereka kelak, dan (4) Bagi peneliti berikutnya agar lebih mengembangkan pembelajaran kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) terutama pada beberapa aspek yang belum sempat diteliti seperti kecakapan akademik (academic skills) dan kecakapan vokasional (vocational skills).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38725

Actions (login required)

View Item View Item