Pengaruh pengelolaan kelas dan penmanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang / Nur Saidah Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengelolaan kelas dan penmanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang / Nur Saidah Zuhri

Zuhri, Nur Saidah (2010) Pengaruh pengelolaan kelas dan penmanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang / Nur Saidah Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zuhri Nur Saidah. 2010. Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Guru Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd (2) Agus Sumanto S.E. M.SA. Kata Kunci Pengelolaan Kelas Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Peningkatan mutu pendidikan ditandai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Aspek terpenting dalam peningkatan hasil belajar peserta didik adalah meningkatkan mutu proses pembelajaran hal ini tergantung dari kemampuan guru dalam mengajar. Sedangkan keberhasilan seorang guru dalam kegiatan pembelajaran ditentukan juga oleh kemampuan guru dalam menyampaikan materi. Seperti tujuan pengajaran yang tepat dan kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran secara efektif dan efisien. Selain itu dalam menghadapi siswa seorang guru juga harus memiliki kemampuan dasar dalam mengelola kelas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa ditentukan oleh pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan kelas oleh guru pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang (2) Bagaimana pemanfaatan media oleh guru pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang (3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri I Ngoro Jombang (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan media oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pengelolaan kelas oleh guru mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang (2) mengetahui pemanfaatan media pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang (3) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang (4) mengetahui pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan media oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas (X1) dan pemanfaatan media pembelajaran (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 257 siswa dan sampel berjumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik ii pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk uji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis menggunakan bantuan program SPSS for windows 16.00. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Pengelolaan kelas guru ekonomi di SMP Negeri I Ngoro Jombang tergolong kategori cukup. (2) Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi di SMP Negeri I Ngoro tergolong tinggi. (3) Hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro tergolong cukup. (4) Secara parsial pengelolaan kelas guru ekonomi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang terbukti dengan sig t (0.00) 945 (0.05). (5) Pemanfaatan Media Pembelajaran juga mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang yang ditunjukkan dengan sig t (0.00) 945 (0.05). (6) Secara simultan pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang yang ditunjukkan dengan sig t (0.00) 945 (0.05). Nilai R square sebesar 0 757 hal ini menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan variabel pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang sebesar 75 7%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru hendaknya melakukan pengelolaan kelas yang baik dengan cara menciptakan suasana belajar yang harmonis dan mempertahankan iklim pembelajaran yang kondusif serta menggunakan media yang lebih bervariatif. (2) Bagi sekolah hendaknya memperhatikan kebutuhan guru dalam meningkatkan keterampilannya sebagai pengajar dan menyediakan sarana prasarana sekolah yang lebih baik. (3) Bagi siswa hendaknya menyadari kedudukan hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dalam proses pendidikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38724

Actions (login required)

View Item View Item