Penerapan metode mind mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran cooperative learning sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan materi secara kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 20 Malang / Khoiriyah Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode mind mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran cooperative learning sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan materi secara kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 20 Malang / Khoiriyah Ningsih

Ningsih, Khoiriyah (2010) Penerapan metode mind mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran cooperative learning sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan materi secara kognitif siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 20 Malang / Khoiriyah Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK i ABSTRAK Ningsih Khoiriyah. 2009. Penerapan Metode Mind Mapping secara Kreatif dalam Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning sebagai Upaya untuk Meningkatkan Penguasaan Materi secara Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Progam Studi S-I Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Ir. Yohanes Hadi Soesilo. M.Div M.E (II) Agus Sumanto. S.E. M.S.A Kata Kunci Mind Mapping Cooperative Learning Penguasaan Materi Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas yang dilakukan peneliti pada tanggal 21 Juli 2009 diperoleh informasi bahwa pada proses belajar mengajar di kelas guru menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan peta konsep. Guru menjelaskan materi dengan peta konsep yang telah dibuat sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Kondisi ini menyebabkan siswa merasa kesulitan mengkonstruk ide-idenya sendiri dalam mengingat materi yang telah diberikan oleh guru. Mereka berusaha belajar dengan menghafal materi pelajaran dan bukan memahami konsep materi yang terkandung di dalamnya. Akibat kurangnya pemahaman konsep tersebut banyak siswa yang kurang menguasai materi dan tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan guru baik secara lisan pada saat proses pembelajaran maupun secara tertulis pada saat ulangan harian. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning. Adapun lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 20 Malang dengan subyek penelitian siswa kelas VII-A yang berjumlah 42 siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya (1) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (2) Bagaimana peningkatan penguasaan materi secara kognitif siswa setelah diterapkan metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2009/2010. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui penerapan metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (2) Mengetahui peningkatan penguasaan materi secara kognitif siswa setelah diterapkan metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes lembar observasi pedoman wawancara lembar catatan lapangan format ii penilaian menggambar Mind Mapping dan dokumentasi. Untuk menjawab masalah pertama maka teknik analisa yang digunakan melalui lembar observasi untuk mengetahui presentase keberhasilan tindakan guru dalam menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kemudian hasil presentase tersebut dibandingkan dari siklus 1 ke siklus 2. Sedangkan teknik analisa yang digunakan untuk menjawab masalah kedua adalah dengan menggunakan soal tes yaitu dengan cara membandingkan ketuntasan belajar yang dicapai siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara klasikal untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi secara kognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan penguasaan materi secara kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar secara klasikal yang mengalami peningkatan pada aspek kognitif. Pada siklus 1 ketuntasan belajar secara klasikal setelah diberikan tindakan adalah 41 5 % dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 70 7 %. Sehingga peningkatan penguasaan materi secara kognitif siswa dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 29 2 %. Sedangkan hasil penilaian menggambar Mind Mapping pada siklus 1 ke siklus 2 juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 kelompok terbanyak mendapat nilai antara 41-50 yaitu 2 kelompok. Sedangkan pada siklus 2 semua kelompok mendapat nilai antara 81-90 yaitu 8 kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping secara kreatif dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan penguasaan materi secara kognitif siswa. Dan dapat disarankan bagi guru IPS Terpadu hendaknya mulai mencoba menerapkan metode Mind Mapping dalam pendekatan pembelajaran Cooperative Learning sebagai variasi metode mengajar di kelas. Karena terbukti dapat meningkatkan penguasaan materi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38715

Actions (login required)

View Item View Item