Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student achievement teams division terhadap peningkatan motivasi dan prestasi siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang mata pelajaran ekonomi / Endang Eka Winarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student achievement teams division terhadap peningkatan motivasi dan prestasi siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang mata pelajaran ekonomi / Endang Eka Winarsih

Winarsih, Endang Eka (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student achievement teams division terhadap peningkatan motivasi dan prestasi siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang mata pelajaran ekonomi / Endang Eka Winarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eka Endang Winarsih. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Students Teams Achievement Divison (STAD) Terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas VIIIB SMPN 21 Malang Mata Pelajaran Ekonomi . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (2) Dr. Hadi Sumarsono ST M. Si Kata-kata kunci STAD Pembelajaran Kooperatif. Motivasi Prestasi Belajar. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa Motivasi siswa di kelas VIIIB SMPN 21 Malang masih kurang. Prestasi siswa dalam kelas banyak yang belum memenuhi standar minimum (SKM) yaitu 70 ke atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang. Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dilakukan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dalam 4 kali pertemuan melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi angket dan tes pada awal dan akhir setiap siklus. Data motivasi dan prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari skor motivasi siswa pada tahap siklus I motivasi siswa kelas VIII B dalam mengikuti pelajaran ekonomi yakni 2 9 % angka ini masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II motivasi siswa yang diperoleh yakni sebesar 3 7 % termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa setelah dikenakannya pembelajaran kooperatif model STAD meningkat sebesar 0 8 dari kategori cukup menjadi kategori baik. Prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang jumlah siswa yang tuntas belajar pada pre test jumlah siswa yang tuntas belajar pada pre test siklus 1 sebanyak 8 siswa (20%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 32 siswa (80%). Sedangkan jumlah siswa yang tuntas belajar pada post test siklus I sebanyak 25 orang (62 5%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 15 orang (37 5%). Pada siklus II siswa yang dikatakan tuntas belajar meningkat sebanyak 27 siswa (67 5%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 13 siswa (22 5%). Dan pada post test siklus II siswa yang mendapatkan ketuntasan belajar sebanyak 38 siswa(95%) dan jumlah siswa yang belum tuntas 2 siswa (5%). Berdasarkan deskripsi data yang telah diuraikan dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa ditinjau dari nilai post test dari siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 27 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 21 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagi guru mata pelajaran ekonomi mulai menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mengembangkannya pada materi yang lain dan diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Student Achievement Division (STAD) menggunakan variasi permainan sehingga siswa lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38705

Actions (login required)

View Item View Item