Winarto, Wahyu Eko (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model team assisted individualization (TAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi SMA Islam Al Maarif Singosari Malang / Eko Wahyu Winarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelaran kooperatif model TAI prestasi belajar. Pada pembelajaran ekonomi di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang pada umumnya guru masih menggunakan metode konvensional LKS dan masih kurang bervariasi. Prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas XI IPS 2 secara umum kurang memuaskan sebagian besar nilai siswa yang diperoleh kurang memenuhi standart ketuntasan minimum yang ditetapkan di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan diatas diperlukan suatu strategi dan metode pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif di dalam kelas dan aktif dalam bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan model pembelajaran kooperatif dilakukan dengan beberapa siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tes itu berupa Pre tes (dilakukan sebelum tindakan) dan post tes (dilakukan sesudah tindakan) untuk mengetahui perbandingan rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah tindakan. Dari hasil analisa data dapat diketahui data prestasi belajar siswa dilihat dari aspek afektif dan kognitif. Aspek kognitif siklus I dapat diketahui dari 39 siswa terdapat 24 siswa atau sekitar 61 53% yang belum tuntas dan 11 siswa atau sekitar 28 20% yang tuntas dalam mengerjakan soal pretes Sedangkan 4 siswa tidak bisa hadir dalam pembelajaran. Jika dirata-rata nilai siswa sebanyak 61 14. pada tes akhir siklus jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat. Dari 39 siswa Jumlah siswa yang sudah tuntas mencapai KKM sebesar 25 siswa atau sekitar 64 10% dan hanya 10 siswa atau sekitar 25 64% yang belumtuntas dalam proses pembelajaran. Karena belum mencapai standart kelulusan Minimal maka dilanjutkan pada siklus II dalam siklus II pemberian tes sebelum tindakan Dari 39 siswa terdapat 30 siswa atau sekitar 76 92% siswa yang belum tuntas dan 9 siswa atau 23 07% yang tuntas dalam mengerjakan tes. Jumlah rata-rata nilai siswa adalah 59 20%. Pada tes setelah tindakan (post tes) terdapat 1 siswa yang belum tuntas yang lain sudah tuntas dalam pengerjakan tes akhir siklus. Rata-rata nilai siswa sesudah dilakukan pembelajaran kooperatif model TAI adalah 85 76. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Bila dilihat dari aspek afektif siklus I dari 39 siswa terdapat 14 siswa yang masih belum memenuhi kriteria tuntas n dan 21 siswa yang sudah tuntas dalam tindakan. Total skor yang diperoleh 234 dan taraf keberhasilan siswa dalam melakukan tindakan adalah 66 6%. Pada siklus II dari 39 siswa terdapat 2 siswa yang masih belum tuntas sedangkan selebihnya tuntas. Bila dilihat dari siklus I siklus II ini mengalami peningkatan. Total skor yang diperoleh pada siklus II 295 dan taraf keberhasilan siswa dalam melakukan tindakan adalah 84 04%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif mode TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Saran yang diberikan berupa Perlu adanya pengondisian bagi masing-masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran ekonomi khususnya. Dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model TAI agar dapat mencapai hasil optimal dalam mencapai tujuan pendidikan. Penerapan pembelajaran model TAI hendaknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup. Hal ini dikarenakan dengan waktu yang optimal pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan akan mendapat hasil pembelajran yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |