Hubungan literasi digital dan kompetensi 4c dengan kesiapan menjadi seorang pendidik di era society 5.0 pada mahasiswa pendidikan teknik elektro ft um / Mohridlo Wahyuda Arzy</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan literasi digital dan kompetensi 4c dengan kesiapan menjadi seorang pendidik di era society 5.0 pada mahasiswa pendidikan teknik elektro ft um / Mohridlo Wahyuda Arzy</p>

Arzy, Mohridlo Wahyuda (2024) Hubungan literasi digital dan kompetensi 4c dengan kesiapan menjadi seorang pendidik di era society 5.0 pada mahasiswa pendidikan teknik elektro ft um / Mohridlo Wahyuda Arzy</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arzy Mohridlo Wahyuda. 2024. Hubungan Literasi Digital dan Kompetensi 4C dengan Kesiapan Menjadi Seorang Pendidik di Era Soceity 5.0 Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UM. Skripsi. Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Literasi Digital Kompetensi 4C Kesiapan Menjadi Seorang Pendidik Era Society 5.0. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menghadirkan jaman baru yang mempunyai dampak sangat luas terhadap kehidupan. Era Society 5.0 menuntut bidang pendidikan harus berkembang dan menyesuaikan dengan hal ini seorang calon pendidik harus mempunyai kemampuan penguasaan digitalisasi yang baik dan kompetensi pendidik yang berlaku di abad sekarang ini. Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UM merupakan seorang calon pendidik di sekolah kejuruan. Dengan itu setiap mahasiswa harus memiliki keterampilan literasi digital dan kompetensi 4C yang unggul sebagai bekal menyikapi dunia kerja di era Society 5.0 agar menjadi pendidik yang siap dalam menghadapi tantangan pendidikan dan permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap tingkat literasi digital kompetensi 4C dan kesiapan menjadi seorang pendidik (2) menemukan signfikansi hubungan (X1) dengan (Y) (3) menemukan signifikansi hubungan (X2) dengan (Y) (4) menemukan signifikansi hubungan secara simultan antara (X1) dan (X2) dengan (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dan termasuk dalam model ex post facto. Studi ini menggunakan metode sampling jenuh dengan 100 responden pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UM angkatan 2020 dan 2021. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa angket tertutup dengan skala likert 5. Variabel (X1) (X2) dan (Y) dihasilkan tingkat reliabilitas 0.869 0.886 dan 0.917. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis korelasi parsial dan regresi ganda uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dilakukan dengan berbantuan SPSS. Hasil dari analisis yang dilakukan dapat diketahui (1) literasi digital (X1) pada kategori tinggi (2) tingkat kompetensi 4C (X2) pada kategori tinggi dan kesiapan menjadi pendidik (Y) dalam kategori tinggi (4) distribusi pada sebaran data normal (5) terdapat hubungan yang linear antar variabel (6) tidak terjadi autokorelasi dan heteroskedastisitas (7) nilai koefisien korelasi (X1) terhadap (Y) adalah 0.342 dengan taraf signifikansi 0.003 (8) nilai koefisien korelasi (X2) terhadap (Y) adalah 0.778 dengan taraf signifikansi 0.000 (9) nilai koefisien korelasi (X1) dan (X2) dengan (Y) secara simultan adalah 0.641 dengan taraf signifikansi 0.000. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini (1) ditemukan korelasi yang positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y) (2) ditemukan korelasi yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y) (3) ditemukan korelasi yang positif dan signifikan secara simultan variabel (X1) dan (X2) terhadap (Y) pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/386917

Actions (login required)

View Item View Item