Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X B SMA Negeri 1 Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Ririn Dwi Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X B SMA Negeri 1 Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Ririn Dwi Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Ririn Dwi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X B SMA Negeri 1 Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek / Ririn Dwi Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan penekanan pada struktur tertentu untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif dalam struktur kelas tradisional yang terdiri dari 4 langkah (1) Penomoran ( Numbering ) (2) Pengajuan pertanyaan (Questioning) (3) Berpikir bersama (Heads Together) (4) Pemberian jawaban (Answering) Motivasi Belajar adalah suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil dan tujuan tertentu. Hasil belajar adalah kemampuan belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran atau hasil yang telah diperoleh siswa dari pengalaman-pengalaman dan latihan-latihan yang diikutinya selama pembelajaran berupa kognitif afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X B SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek bahwa motivasi belajar siswa kurang minat baca sedang dan hasil belajar siswa sedang. Untuk mengatasi hal-hal tersebut diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan meng-gunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar ekonomi setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. (2)Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi setelah penerapan meto-de pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pene-litian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas X B SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obser-vasi siswa lembar observasi guru soal tes perangkat pembelajaran pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa meliputi 4 aspek yaitu aspek minat perhatian konsentrasi dan ketekunan. Pada siklus I rata-rata keseluruhan dari aspek motivasi sebesar 61 62% meningkat menjadi 75 3% pada siklus II. Sehingga secara keseluruhan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26 14 % dalam taraf keberhasilan baik. Hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan nilai post tes. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar mencapai 22 siswa (61 11%) dengan nilai rata-rata kelas 71 94 sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 31 siswa (86 11%) dengan nilai rata-rata kelas 79 44. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38688

Actions (login required)

View Item View Item