Efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X pokok bahasan struktur pasar di SMA Islam Kota Malang / Lina Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X pokok bahasan struktur pasar di SMA Islam Kota Malang / Lina Sri Wahyuni

Wahyuni, Lina Sri (2009) Efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X pokok bahasan struktur pasar di SMA Islam Kota Malang / Lina Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara terus-menerus dilaksanakan. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya penyempurnaan dalam sistem pendidikan salah satunya yaitu penyempurnaan kurikulum. Pada saat ini pemerintah sedang memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran menurut KTSP guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali model pembelajaran yang terus dikembangkan dan diuji cobakan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Diperlukan strategi pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan ide atau pendapatnya serta guru harus memilih model pembelajaran yang tepat agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Pembelajaran yang diinginkan saat ini adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya. Salah satu pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep. Dengan diterapkannya pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan efektivitas hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas X pokok bahasan sruktur pasar di SMA Islam Malang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy eksperiment (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan penelitian Control Grup Pre-Test-Post-Test Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Malang dengan sampel penelitian adalah kelas X-B sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep dan kelas X-A sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data diperoleh dari pre-test dan post-test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata gain value untuk kelompok eksperimen sebesar 23 71 dan untuk kelompok kontrol sebesar 15 14. berdasarkan hasil uji-t diperoleh sig.(2-tailed) 0.002 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata gain value kedua kelompok berbeda secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Islam Malang pada khususnya dan bagi guru ekonomi kelas X di sekolah lain pada umumnya untuk menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep terutama pada pokok bahasan struktur pasars sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa tetapi dalam penerapannya juga harus memperhatikan alokasi waktu dan materi pembelajaran (2) Bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan teknik peta konsep hendaknya dibantu oleh pengamat sehingga guru dapat mengetahui kekurangan dari pembelajaran yang disampaikan dan selanjutnya dilakukan perbaikan-perbaikan (3) Agar peneliti lain lebih memperluas sampel dan memperbanyak waktu penelitian untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38686

Actions (login required)

View Item View Item