Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII di SMPN 20 Malang / Wasis Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII di SMPN 20 Malang / Wasis Wiyono

Wiyono, Wasis (2009) Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII di SMPN 20 Malang / Wasis Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyono Wasis. 2008. Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. (2) Drs. Achmad Ali Wafa. Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Motivasi Hasil Belajar Motivasi adalah adalah tenaga pendorong yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas belajar seseorang.. Ada beberapa macam motivasi yaitu (1) Motivasi yang dilihat dari dasar pembentukannya adalah motif bawaan dan motif yang dipelajari (2) motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsic. Cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi dan aktivitas belajar siswa disekolah. Diantaranya adalah memberi nilai lebih hadiah maupun penghargaan. Adanya kompetisi peningkatan harga diri memberi ulangan mengetahui hasil kerjanya memberikan pujian hukuman hasrat untuk belajar adanya unsur minat dan tujuan yang diakui baik oleh siswa. Peranan seorang guru dalam meningkatkan dan menguatkan motivasi belajar siswa melalui persiapan mengajar dan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran Ekonomi kelas VII A di SMP Negeri 20 Malang (2) Apakah penerapan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) efektif diterapkan untuk memotivasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang (3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 20 Malang setelah diterapkannya metode belajar berbasis masalah (Problem Based Learning ) . Dengan demikian tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk mengetahui keefektifan metode Problem Based Learning dalam memotivasi belajar siswa Di SMP Negeri 20 Malang dan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi setelah diterapkanya problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII di SMP Negeri 20 Malang . Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Alat pengumpul data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain catatan guru catatan siswa wawancara angket dan berbagai dokumen yang terkait dengan siswa. Data yang diambil adalah data kuantitatif dari hasil tes presensi nilai tugas seta data kualitatif yang menggambarkan keaktifan siswa antusias siswa partisipasi dan kerjasama dalam diskusi kemampuan atau keberanian siswa dalam melaporkan hasil. Instrumen yang dipakai berbentuk soal tes observasi catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur indikator keberhasilan yang sudah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat berjalan dengan baik karena siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran ini dapat dilihat dari siswa yang dapat dengan mudah menganlisis permasalahan dan menjawab pertanyaan yang diajuakan oleh peneliti (2) efektivitas penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memotivasi karena siswa senang terhadap metode belajar yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajarannya sehingga motivasi siswa akan terbangun dengan sendirinya (3) hasil belajar siswa setelah diterapakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkat ini dapat terlihat dari peningaktan hasil belajar pada saat belum diterapakan dan setelah Problem Based Learning (PBL) diterpakan yaitu pada saat pretes pada siklus 1 rata-rata siswa memperoleh nilai 55 12 dan pada saat post tes pad asst siklus 1 rata-rata nilai siswa naik menjadi 74 50 dan pada saat siklus 2 siswa pada saat pretest nilai siswa 64 5 dan pos test siswa pada saat post test 2 naik menjadi 76 35. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan pada pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 20 Malang. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) metode Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai alternatif atau pilihan dalam pembelajaran ekonomi di kelas VII..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38681

Actions (login required)

View Item View Item